Hankam

Hankam

Kasdim 0712 Tegal Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional

 


Tegal Kasdim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Nurohmat, S. Ag menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Peringatan HPN 2024 itu digelar di kantor sekretariat PWI Kabupaten Tegal, Komplek Pemkab Tegal, Rabu 21 Februari 2024.

Peresmian kantor PWI Kabupaten Tegal secara langsung dilakukan oleh Pj Bupati Tegal, Agustyarsyah yang juga didampingi Kapolres Tegal, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Ketua PWI Kabupaten Tegal, M Fathurohman, Dandim 0712/Tegal diwakili oleh kasdim 0712/tegal mayor inf nurohmat, s. ag, Forkopimda dan perwakilan Kepala OPD.

Ketua PWI Kabupaten Tegal, M Fathurohman mengatakan, meski sebetulnya HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari, namun akhirnya bisa digelar hari ini Rabu 21 Februari 2024. Hal tersebut lantaran banyaknya hari libur dan berbenturan dengan pesta demokrasi atau Pemilu 2024

Fathur menjelaskan, selain peresmian sekretariat, PWI Kabupaten Tegal juga menggelar beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya Talkshow bertema 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Menuju Kondusifitas Daerah' hingga tali asih kepada keluarga almarhum wartawan.

"Alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar. Termasuk 4 orang keluarga almarhum Wartawan yang mendapatkan tali asih dari kami. Semoga pemberian tali asih dapat bermanfaat untuk keluarga," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati Tegal, Agustyarsyah mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan selamat ulang tahun ke 78 untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

"Semoga momentum tahunan ini selalu menjadi pengingat dan penyemangat kerja rekan-rekan jurnalis dalam memproduksi berita, menjaga kualitas berita ditengah kemajuan teknologi informasi penggunaan AI," ujarnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan jurnalisme yang berkualitas bukan hal yang mudah. Sebab, perlu kajian, konfirmasi hingga menjadikan pemberitaan layak dipublikasikan butuh proses yang panjang.

"Tapi upaya ini harus tetap dilakukan, tinggal bagaimana perusahaan tempat rekan-rekan pers ini bekerja mau mendisrupsi, mengonvergensi, mengintegrasikan teknologi, platform, hingga bisnis media yang berbeda menjadi satu," terangnya.

Ia berujar, jika melihat trend dunia pers kedepan, maka bisa diketahui hingga saat ini minat bacca ada pada usia muda atau Generasi Z. Yakni, anak muda yang berusia 18-24 tahun yang lahir di era serba digital dan media sosial.

"Mereka rata-rata minat baca pada sajian hiburan, tontonan, bacaan, hingga informasi menarik secara visual yang disajikan dalam platform media sosial yang membuat gaya konsumsi berita masyarakat kian bergeser," bebernya.

Terlepas dari tantangan disrupsi dunia pers digital atau media massa kita saat ini, kata dia, diharapkan PWI tetap profesional dalam menyajikan produk jurnalistik dengan mengedepankan kode etik. Sebab, hal ini yang menjadi pembeda antaran profesi wartawan dengan pegiat sosial hingga konten kreator bahkan citizen journalism.

"Karena, saya memandang pers adalah jembatan komunikasi informasi yang independen dan turut menjadi akselerator pembangunan, termasuk menjaga iklim demokrasi kita tetap berjalan baik, aman, dan kondusif," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasdim 0712 Tegal Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional"

Posting Komentar