Hankam

Hankam

Babinsa Koramil Bumijawa Evakuasi Pendaki Yang Meninggal di Puncak Gunung Slamet

 


Tegal - Seorang pendaki berinisial SNR 21 Tahun mahasiswa Unsoed Purwokerto meninggal dunia saat melaksanakan pendakian di Gunung Slamet, korban oleh Tim SAR gabungan dari puncak gunung Slamet dievakuasi di Basecamp Pendakian Permadi RT. 01 RW. 01 Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Minggu (26/02/2023).

Menurut keterangan saksi Ali Burhan (40 tahun), bahwa para pendaki sejumlah 36 dari  masing-masing kelompok termasuk kelompok 7 orang dari  Universitas Jendral Soedirman(Unsud Purwokerto) yang mengalami musibah satu orang  meninggal dunia waktu pendakian, para pendaki melakukan registrasi di Bascem pendakian Permadi pada  hari Kamis tanggal 23 Februari 2023 pukul 08.00 WIB, adapun 7 nama nama Mahasiswa dari pendaki Unsud antara lain, Ahmad Makruf Muaimin, M.Naufal Habib Falah, Maharsa Darumurti, Amelia Rizka Amanda, Sadewa Natha Raya, Nur Azizah (pendamping), Amar Syauki Mulyadi ( pendamping).

Para pendaki khususnya 7 orang dari Unsud mulai start dari Bascem pendakian Permadi Ds.Guci Kecamatan Bumijawa hari hari Kamis tanggal 23 Februari 2023 sekira pukul 10.00 WIB.

Pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2023 sekira pukul 16.00 WIB adanya penyampaian dari pendaki yang turun dan menyampaikan ke Bascem Permadi, bahwa adanya satu orang personil pendaki yang mengalami Hipotermia.

pada tanggal 25 Februari 2023 sekira pukul 17.00 WIB  sejumlah 4 orang dari personil  Bascem Permadi  langsung merespon dan melakukan pendakian untuk melaksanakan pertolongan pertama.

sekira pukul 18.00 WIB hari Sabtu tanggal 25 Februari 2023 di pos V( Watu Ireng ketinggian ± 3000 m)  korban dinyatakan teman temannya denyut nadi sudah tidak ada yang disebabkan Hipotermia.

Keesokan harinya, Minggu tanggal 26 Februari 2023 pukul 09.00 WIB proses evakuasi dilakukan oleh anggota Bascem Permadi,Bascem Gupala, Bascem Kompak menuju ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) sejumlah 10 orang. Pada pukul 17.30 WIB proses evakuasi jenazah  sampai  Bascam Permadi Ds.Guci Kecamatan Bumijawa dan dilanjutkan menuju ke RSUD.Soesilo Slawi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan Ambulan PMI Ds.Guci

Babinsa Koramil 19/Bumijawa Sertu Taufik Udin saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian ini.

"Benar ada pendaki yang meninggal dunia dan ada pula pendaki yang mengalami kaki kanan patah atasnama Maharsa Darumurti 18 th bin Gunawan Alamat Perumahan Dian Asri 2 Rt 4 Rw 8 No. 19 Cibinong kab. Bogor yang dievakuasi di Puskesmas Bumijawa dan langsung dirujuk ke RSUD Soesilo menggunakan Ambulance Siaga UPTD Guci", ungkapnya. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Koramil Bumijawa Evakuasi Pendaki Yang Meninggal di Puncak Gunung Slamet"

Posting Komentar