Hankam

Hankam

Siaga Bencana Dandim Jayapura Turun Langsung Cek Kelayakan Dapur Lapangan

 


JAYAPURA – Dampak gempa bumi yang terjadi kemarin, Kamis (9/2/2023) di Kota Jayapura mengakibatkan banyaknya bangunan dan rumah masyarakat mengalami kerusakan. Selain itu di beberapa tempat, Kodim 1701/Jayapura bekerja sama dengan instansi terkait juga mendirikan tenda darurat untuk menampung pengungsi yang terdampak gempa.

Selain mendirikan Posko Penanggulangan Bencana, area parkir Kodim 1701/Jayapura juga disulap menjadi dapur lapangan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Richard Arnold Y. Sangari, S.E., M.M. melakukan pengecekan secara langsung kelayakan tempat dan makanan sebelum didistribusikan kepada para pengungsi. Bukan hanya melakukan pengecekan dan merasakan hasil masakan, namun orang nomor satu di Kodim 1701/Jayapura ini juga ikut memasak makanan yang akan dibagikan ke warga yang terdampak gempa.

“Dapur lapangan yang kita dirikan ini sebagai wujud kasih dan kepedulian kita kepada warga yang terdampak bencana. Untuk bahan logistik selain dari Kodim sendiri, kami juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak,” ujar Dandim dalam rilisnya. Jumat(10/2/2023).

Dengan kondisi seperti ini, untuk masyarakat yang terdampak gempa belum dapat melaksanakan aktifitas seperti biasanya seperti memasak dan kegiatan lainnya, kata Dandim, maka diperlukan dukungan serta bantuan dari semua pihak dalam penanganan baik pasca gempa maupun antisipasi terjadinya gempa susulan.

“Para Danramil juga sudah saya perintahkan untuk mendirikan tenda darurat yang wilayahnya terdampak gempa kemarin, seperti di Distrik Jayapura Utara, Danramil beserta anggotanya di Kelurahan Mandala bersama warga dan Aparat setempat mendirikan tenda darurat untuk para pengungsi dari pingiran pantai,” terangnya.

Dandim juga menyampaikan untuk warga Kota Jayapura yang terdampak gempa kemarin semoga diberikan kesabaran dan ketabahan.

“Saya himbau kepada warga agar tetap tenang dalam kondisi apapun dan tidak panik serta jangan percaya oleh isu-isu yang sumbernya tidak jelas. Kita minta kepada masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan waspadai kondisi bangunan, perhatikan jalur-jalur evakuasi serta siapkan rencana kedaruratan minimal di level keluarga,” imbaunya.

“Semoga musibah ini cepat berlalu, mari kita semua berdoa dan semoga rangkaian gempa yang terjadi dari bulan Januari lalu segera berakhir,” tutup Dandim.( Redaksi Papua)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siaga Bencana Dandim Jayapura Turun Langsung Cek Kelayakan Dapur Lapangan"

Posting Komentar