Tak Dilengkapi Prosedur Periode Larangan Mudik, Puluhan Kendaraan Diputar Balik di Gerbang Tol Pejagan Brebes - RADARDESA

TOP BERITA

Selasa, 11 Mei 2021

Tak Dilengkapi Prosedur Periode Larangan Mudik, Puluhan Kendaraan Diputar Balik di Gerbang Tol Pejagan Brebes

Brebes, Radardesa.com – Puluhan kendaraan bermotor para pemudik Lebaran 1442 H yang akan memasuki wilayah Jawa Tengah melalui Kabupaten Brebes, diputar balik dari arah asal (Jawa Barat) oleh petugas gabungan di Gerbang Tol Pejagan Kecamatan Tanjung. Selasa (11/5/2021).

Dijelaskan Danramil 04 Tanjung Kodim 0713 Brebes melalui Bati Tuud Pelda Rullyon, dalam Operasi Ketupat Candi 2021 guna menyekat/menjaring para pemudik yang akan masuk ke wilayah Jawa Tengah ini, aparat Polri yang di backup unsur TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, dan BPBD Brebes.

“Kendaraan yang didominasi mobil pribadi yang datang dari arah Jawa Barat kami periksa kelengkapan surat-suratnya termasuk penerapan protokol kesehatan di kendaraan, jika tidak sesuai maka kita putar balik menuju tempat asalnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, para penumpang juga di cek suhu tubuhnya dan dipastikan menggunakan masker.

Upaya penyekatan pemudik di periode larangan mudik Idul Fitri tahun ini, dimana sudah dilakukan sejak 6 Mei 2021 lalu ini akan dilakukan sampai tanggal 17 Mei 2021 nanti. Kebijakan pemerintah ini hanya untuk menjaga masyarakat Indonesia agar tetap sehat dengan terhindar dari virus corona/covid-19 antar daerah.

Kendaraan pengangkut barang kebutuhan pokok dan Alkes serta ambulan, hanya diperiksa kelengkapan surat-suratnya kemudian dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

“Dari pukul 20.00 WIB tadi malam sampai dengan pukul 09.00 WIB pagi ini, untuk kendaraan umum pengangkut penumpang bukan pemudik tercatat melintas sebanyak 11 unit dengan perincian 7 bus dan 5 travel,” terangnya.

Untuk kendaraan pribadi tercatat sebanyak 25 unit yang melintas, sedangkan truk sebanyak 29 unit.

“Untuk kendaraan pribadi yang diputar balik dari rentang waktu itu sekitar 35 mobil. Kami memperkirakan bahwa tadi malam adalah puncak arus mudik,” tandasnya.

Sedangkan untuk di Jalan Raya Pantura Brebes dan di jalan tikus/jalan alternatif yang melalui Desa Bojongsari Kecamatan Losari, didominasi oleh sepeda motor.

Di kedua celah ini juga dilakukan penyekatan terpadu, yaitu di Terminal Truk Kecipir Kecamatan Losari (Jalur Pantura) dan di Pos Penyekatan Bojongsari. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar