Hankam

Hankam

Satgas Pamtas RI - Malasyia Lakukan Pemberangkatan Dari Kodam XII/ Tanjungpura


Tanjungpura - Radardesa com . Bertempat di Lapangan Apel Makodam, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Pangkoopsdam XII/TPR memimpin upacara pemberangkatan 

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma yang akan melaksanakan tugas operasi di Sektor Timur Kalimantan Barat, Sabtu (12/09/20).

Satuan yang dipimpin oleh Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P., selaku Komandan Satgas ini tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Perbatasan RI - Malaysia. Ia bersama prajuritnya akan menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Kalbar selama kurang lebih 9 bulan kedepan.

Dalam amanatnya, Pangkoopsdam XII/Tpr mengucapkan selamat datang kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di Bumi Khatulistiwa Provinsi Kalimantan Barat, disertai harapan semoga pelaksanaan tugas operasi selama di perbatasan nantinya dapat berjalan aman dan lancar.

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan Operasi Pamtas RI-Malaysia sesuai dengan Undang - Undang Nomor 34 tahun 2004, pasal 7 ayat 2 tentang Tentara Nasional Indonesia yaitu, Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya adalah turut serta mengamankan wilayah perbatasan.

Wilayah perbatasan RI-Malaysia merupakan kawasan yang strategis dan vital, yaitu dengan adanya fakta secara geopolitik yang berhubungan dengan aspek kedaulatan negara dan rasa kebangsaan, serta berkaitan erat dengan bidang ideologi, politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan. 

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menambahkan, di sepanjang perbatasan wilayah darat RI-Malaysia banyak berbagai kerawanan yang timbul, seperti perubahan pada patok-patok batas wilayah, illegal trafficking, illegal logging, peredaran Narkoba antar negara dan penyelundupan barang-barang illegal serta masih banyak lagi permasalahan lain yang menjadi fenomena kejahatan Lintas Negara (Siti Aminah)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satgas Pamtas RI - Malasyia Lakukan Pemberangkatan Dari Kodam XII/ Tanjungpura"

Posting Komentar