Hankam

Hankam

Simulasi Pemadaman Hutan dan Lahan di Banjarharjo


Brebes, Radardesa.com – Petugas gabungan di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes melakukan pemadaman api simulasi penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Lapangan Limbangan Desa Malahayu.

Mengupas apa yang disampaikan Kapolsek Banjarharjo AKP Prapto SH.MH selaku pimpinan apel, Peltu Sartono selaku Pj. Danramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes mengatakan, apel sinergitas itu dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla di wilayah Kecamatan Banjarharjo, di musim kering yang berkepanjangan sebagai dampak adanya fenomena el nino.

“Tahun ini saja, di bulan Januari sampai dengan Agustus saja sudah ada beberapa kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Banjarharjo, baik di wilayah BKPH Banjarharjo Barat maupun BKPH Banjarharjo Timur, sedangkan tahun lalu tidak ada kejadian,” terangnya, Kamis sore (24/8/2023).

Lanjutnya, karhutla yang terjadi juga dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam mencegah karhutla, kemudian masih kurangnya edukasi dan pembinaan kepada masyarakat, dan masih adanya masyarakat yang membakar lahan sembarangan.

“Kebakaran hutan maupun lahan juga bisa dipicu oleh puntung rokok yang masih menyala dan dibuang sembarangan,” tegasnya.

Sementara itu Camat Banjarharjo Eko Purwanto SP.M.Si.Kp meminta agar seluruh pihak terkait, segenap ormas, dan elemen masyarakat lainnya agar membantu Asper BKPH Banjarharjo Barat dan Asper BKPH Banjarharjo Timur, untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya, pencegahan, dan tata cara penanggulangan Karhutla secara efisien sesuai SOP. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simulasi Pemadaman Hutan dan Lahan di Banjarharjo"

Posting Komentar