Hankam

Hankam

TNI Bersama Masyarakat dan Mahasiswa Tanam Ratusan Pohon dan Bersih-bersih Pantai


Brebes, Radardesa.com – Kodim 0713 Brebes menggelar kegiatan penanaman 200 bibit pohon di Lapangan Dusun Sigempol, Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin (14/8/2023).

Disampaikan Dandim Letkol Infanteri Tentrem Basuki, bahwa penghijauan bakti TNI ini dilakukan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam IV Diponegoro dalam memperingati HUT RI ke-78.

“Total ada 78 ribu bibit pohon yang ditanam pagi ini secara serentak oleh masing-masing satuan TNI di jajaran Kodam IV Diponegoro,” bebernya.

Untuk di Lapangan Desa Sigempol sendiri, jenis pohon yang ditanam yaitu buah-buahan (durian, jambu, alpukat, dan pete) dan pohon produksi (mahoni dan sengon).

“Dalam penanaman pohon di Lapangan Desa Sigempol ini kita melibatkan segenap ormas Desa Randusanga Kulon, Mahasiswa KKN Undip Semarang, dan warga masyarakat sekitar,” sambungnya.

Tentrem Basuki menambahkan, selepas penanaman pohon dilakukan pembersihan sampah di Pantai Randusanga Indah (Parin).

“Sebelumnya pada 15 Maret 2023 lalu, bersama-sama juga telah kita tanam 5 ribu bibit mangrove di pesisir Pantai Randusanga Indah untuk rehabilitasi hutan mangrove yang sangat berguna untuk tanggul alami penahan rob dan abrasi serta menjaga habitat berbagai satwa,” tandasnya.

Ia menambahkan, yang terpenting adalah memelihara apa yang telah ditanam sehingga generasi selanjutnya bisa menikmati keanekaragaman yang ada pada saat ini. Begitu juga masyarakat umum bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sementara itu Kades Randusanga Kulon H. Afan Setiono SE, mewakili warganya menyatakan terima kasih atas kepedulian TNI di wilayahnya itu. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TNI Bersama Masyarakat dan Mahasiswa Tanam Ratusan Pohon dan Bersih-bersih Pantai"

Posting Komentar