TNI-Polri dan Dinas LH Brebes Gugah Warga Bersihkan DAS - RADARDESA

BREAKING

Sabtu, 01 September 2018

TNI-Polri dan Dinas LH Brebes Gugah Warga Bersihkan DAS

Brebes, Radardesa.com. Bertambahnya volume sampah secara masif terkadang menimbulkan masalah tersendiri bagi pemerintahnya, hal ini terjadi karena belum dibarengi dengan penanganan sampah secara maksimal.

Asal muasal sampah di Brebes berasal dari hulu kemudian mengalir ke hilir, selain itu sampah dari pasar adalah faktor utama selain dari perumahan serta sampah dari kurang sadarnya masyarakat membuang sembarangan.

Untuk meminimalisir masalah sampah di kota bawang merah ini, anggota Polres dan Kodim 0713 Brebes bersama Dinas Lingkungan Hidup dan warga masyarakat Desa Saditan Kecamatan Brebes, membersihkan DAS (Daerah Aliran Sungai) di kanan-kiri depan Kantor Satlantas dan Polsek Brebes Kota. Jumat (31/8/18).

Kegiatan percontohan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran warga maupun pengendara kendaraan bermotor yang melintas agar berbudaya malu sehingga tidak membuang sampah semabarangan terutama di sungai. Pasalnya Oktober ini merupakan awal musim penghujan guna menghindarkan Brebes kota dari bahaya banjir.

Kapolres Brebes, AKBP Sugiarto, SH, SIK, M.Si mengapresiasi bantuan dan kepedulian dari TNI, dinas terkait dan warga masyarakat sekitar Satlantas Polres Brebes, karena telah membantu pihak Polres khususnya Satuan Lalu-lintas membersihkan lingkungan jelang HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-63 tahun 2018 yang akan diperingati tanggal 22 September.

“Langkah kecil yang kami lakukan bersama Kodim, LH dan warga setempat, saya harapkan dapat menjadi pembelajaran dan menggugah kesadaran warga dan pengendara yang lewat terhadap sampah di aliran sungai. Beberapa waktu yang lalu sebagian wilayah di Kecamatan Brebes kota lumpuh dikarenakan luapan air yang berasal dari saluran irigasi yang tak mampu mengalirkan lancar ke muara pantai Randusanga.” ajaknya.

Dengan air yang lancar hasil panen kedepan diharapkan akan melimpah, terlebih sebagian besar penduduk Brebes adalah agraris. Nampak Kapolres di depan Serma Gunawan, anggota Kodim sedang memasukkan sampah kedalam karung beras bekas. (pendim0713bbs..AS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar