Babinsa Bergerak cepat Rumah Ibu Sutani Langsung Dibangun - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 16 November 2022

Babinsa Bergerak cepat Rumah Ibu Sutani Langsung Dibangun

 


Tegal – Dalam rangka program Babinsa Masuk Dapur adalah salah satu program KASAD dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Babinsa Koramil 07/Adiwerna Serma Agus Setiawan bergerak cepat  datangi rumah ibu Sutani (77 th) Janda anak satu yang rumahnya tidak layak huni lapuk dimakan usia.

Sutani , warga RT 03 RW 01 Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Wanita lanjut usia (Lansia) itu berprofesi sebagai pencari rongsok atau barang bekas dan kayu bakar.

Dia menempati rumah berukuran 5x11 meter. Sutani hidup sebatangkara. Suaminya sudah meninggal sejak 5 tahun silam. Sutani hanya memiliki satu orang anak yang tinggal di kecamatan Suradadi kabupaten Tegal.

 Mendengar kabar itu, Serma Agus Setiawan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07 Adiwerna Kodim 0712 Tegal, bergegas mendatangi rumah Sutani.

Agus langsung melihat kondisi rumah janda renta tersebut. Agus tak menampik, kondisi rumah Sutani memang tidak layak huni. 

"Kondisi rumahnya sangat memprihatinkan dan tidak layak huni, atap dapur roboh dan saat itu saya langsung berkoordinasi dengan ketua RT setempat,” kata Serma Agus yang sedang menjalankan tugas Program Babinsa Masuk Dapur, beberapa waktu lalu.

Koordinasi Agus bersama ketua RT dan beberapa warga akhirnya sepakat memperbaiki rumah tersebut.

“Dengan tekad ikhlas dan rasa ingin membantu, Lillahita’ala akhirnya banyak yang mau mendonasikan rejekinya untuk membantu Ibu Sutani sebagai ladang ibadah. Kami bersama warga sekitar swadaya kerja bakti membenahi rumah Ibu Sutani,” kata pria kelahiran Nganjuk Jawa Timur itu.

Kendati sudah mendapatkan bantuan dari warga sekitar, tapi Agus tidak tinggal diam. Dia langsung melaporkan segala aktifitas dan temuannya kepada pimpinannya. 

Setelah melalui proses yang cukup panjang, hasil temuannya itu mendapat respon baik dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral DR. Dudung Abdurachman.

"Alhamdulillah Pak Jenderal Dudung merespon dengan cepat dan sudah melakukan video konferensi dan ngobrol langsung dengan Ibu Sutani pada Selasa, 8 November 2022,” ujar Agus.

Dalam obrolannya, lanjut Agus, Kasad Dudung berharap rumah Sutani bisa dibedah dan dibangun dengan baik menjadi rumah yang kokoh dan layak huni. 

Jenderal Dudung juga berpesan kepada para Babinsa harus ada di tengah masyarakat, dan dicintai masyarakat.

Setelah mendapat dukungan anggaran dari Kasad Dudung, rumah Sutani langsung dibedah pada Minggu 13 November 2022 lalu. Rumah itu direnovasi dengan melibatkan 7 orang dari Kodim 0712 Tegal dan dibantu tenaga swadaya dari warga sekitar.

"Alhamdulillah, saat ini sedang proses perbaikan," ujarnya.

Sementara Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay L. Sondakh, SE. melalui Ws.Pasiter Kapten Inf Shokib Setyadi menyampaikan, “Kegiatan bedah rumah ini adalah salah satu program KASAD dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program Babinsa Masuk Dapur, salah satunya adalah dengan membantu warga yang kurang mampu untuk memiliki rumah yang layak huni melalui program Babinsa Masuk Dapur,” jelasnya.

“Kegiatan hari ini setelah menerima Perintah dari Komandan Kodim 0712/Tegal pembokaran atap dan pemasangan batu bata bagian atas serta kamar tidur sedang berjalan, kegiatan RTLH ini selain melibatkan Babinsa juga melibatkan anggota yang telah ditunjuk dari beberapa Koramil & Staf Ter serta masyarakat sekitar”. Tutupnya (pendimtegal)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar