Dandim 0712 Tegal Beri Hormat Kepada Nurisah Anggota Veteran Kota Tegal yang Berusia 86 Tahun - RADARDESA

TOP BERITA

Jumat, 11 November 2022

Dandim 0712 Tegal Beri Hormat Kepada Nurisah Anggota Veteran Kota Tegal yang Berusia 86 Tahun

 


Tegal - Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 yang digelar di Taman Pancasila bersama Wali Kota H. Dedy Yon Supriyono dan Jajaran Pemkot Tegal menjadi lebih spesial.

Pasalnya Dandim 0712 Tegal saat menyalami para Veteran menunjukan sikap santunnya dengan menjabat tangan satu persatu Veteran, bahkan Ia juga melakukan  mencium tangan salah satu Veteran yang telah berusia 86 tahun.

Mencium tangan atau sungkem kepada orang yang lebih tua merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan agama. Karena perbuatan itu merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada mereka.

Seperti yang dilakukan Komandan Kodim 0712 Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, S.E. dalam memberikan rasa hormat dan perhatiannya bagi Veteran di Kota Tegal.

Dirinya selaku Komandan Kodim 0712 Tegal tidak hanya melakukan penghormatan namun juga sungkem atau cium tangan kepada Nurisah D, salah seorang Veteran Kota Tegal kelahiran tahun 1936.

Menurutnya Mencium tangan atau sungkem merupakan sebuah sikap yang menunjukkan kesopanan, kesantunan, rasa hormat, kekaguman atau bahkan kesetiaan seseorang kepada orang lain.

" Mereka adalah para Veteran yang telah berjuang membela Negara dan Bangsa, sejatinya tanpa jasa mereka para veteran kita bukanlah siapa siapa saat ini" tegas Dandim 0712 disela perbincangannya dengan Wali Kota Tegal.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 di Kota Tegal merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa bangsa.

Selanjutnya, Veteran adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah dan berperan secara aktif atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atau warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.(pendimtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar