Kodim 0712 Tegal Siapkan 1 Ha Lahan untuk Tanam Jagung - RADARDESA

TOP BERITA

Senin, 07 November 2022

Kodim 0712 Tegal Siapkan 1 Ha Lahan untuk Tanam Jagung

 


Tegal - Komando Distrik Militer (Kodim) 0712/Tegal menyiapkan kembali 1 hektare (ha) lahan untuk menanam jagung setelah beberapa minggu berhasil melaksanakan panen raya di pedukuhan kalisusu desa Karanganyar kecamatan Kedungbanteng kabupaten Tegal.

"Pengelolaan akan melibatkan anggota Kodim 0712/Tegal, kelompok tani (poktan) dan Pemerintahan desa yang ada di sekitar lahan," papar Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi, Senin (07/11/2022).

Ia berharap, lahan produktif dan dapat menciptakan ketahanan pangan di Wilayah Kodim 0712/Tegal khususnya di wilayah Koramil 13/Kedungbanteng.

"Kami arahkan juga agar lahan ini bisa menjadi wadah belajar bagi anggota kelompok tani yang ada," paparnya.

Rencananya, penanaman jagung perdana dilaksanakan bulan Desember 2022 mendatang, "Kami berharap keberadaan lahan untuk meningkatkan kesejahteraan petani," tuturnya.

Sistemnya mulai produksi, panen, hingga pascapanen akan melibatkan Dinas Pertanian.

Lebih lanjut Pasiter mengatakan, dalam pengolahan tanah untuk penanaman jagung ini, selain oleh anggota TNI juga dengan pemanfaatan masyarakat petani sebagai penggarap.

Dalam persiapannya, TNI bersama warga turut membersihkan rumput dan mengolah tanah dengan mempersiap saluran drainasenya. Sehingga sebelum penanaman, lahan sudah siap dan harapannya bisa menghasilkan tanaman jagung yang berkualiatas. (Pendimtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar