Kontes Ayam Pelung Hari Pahlawan Piala Dandim Brebes - RADARDESA

TOP BERITA

Senin, 14 November 2022

Kontes Ayam Pelung Hari Pahlawan Piala Dandim Brebes


Brebes, Radardesa.com – Ratusan ekor ayam pelung dari berbagai daerah ikuti Kontes Ayam Pelung Brebes Cub piala Dandim 0713 Brebes, di Gor Sasana Adhi Karsa Brebes. Minggu sore (13/11/2022).

Acara dimulai dengan pengukuhan PPB (Pelung Brebes Cub) oleh HIPPAPI Jateng (Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia Jawa Tengah), dengan itu maka di Brebes secara resmi ada kantor sekretariat pecinta ayam pelung yang beralamatkan di Jalan Raya Rengas Pendawa No.1 Kecamatan Larangan.

Acara selanjutnya yakni sambutan Dandim Brebes Letkol Infantri Tentrem Basuki melalui Kasdim Mayor Infantri Drs. Abdul Asis Lallo, bahwa kontes ayam pelung ini terbuka untuk umum dengan tema memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022.

“Event ini diselenggarakan oleh komunitas Pecinta Pelung Brebes (PPB) dan sukses karena peserta yang hadir setidaknya ada 100 kontestan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” terangnya.

Dandim juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kontes pertama kali di Kabupaten Brebes.

Ia berharap agar even itu mampu menarik minat masyarakat untuk menggemari dan bahkan beternak ayam yang berasal dari daerah Cianjur Jabar ini karena juga memiliki nilai ekonomis.

Dandim juga memuji para pecinta ayam pelung di kota bawang, dengan menggagas berdirinya PPB yang diresmikan oleh HIPPAPI Jateng. Menurutnya PBB jelas akan menjadi wadah para pecinta ayam pelung yang serius memboomingkan ayam pelung yang sudah menjadi aset budaya sehingga tidak punah atau bahkan diakuisisi bangsa lain.

Dandim berpesan agar para kontestan memelihara semangat saling hormat menghormati dengan para kontestan lainnya, karena tujuan kontes untuk menjalin tali silaturahmi bukan murni berkompetisi.

Sementara disampaikan Dr. Toto Ujiarto S.Pd M.Pd selaku Ketua Panitia Kontes Ayam Pelung Terbuka Brebes Cup, bahwa yang dinilai dalam kontes mulai dari fisik, bulu, dan suara dengan irama lagu yang indah.

“Ada 5 kelas yang dipertandingkan yaitu kategori umum, jejangkar, suara bintang, bobot, dan penampilan,” bebernya.

Adapun para pemenang kontes di kategori umum meliputi Wawan dari  Temanggung dengan ayam bernama Kiranti, kemudian juara di kategori jejangkar diraih oleh Zidan dari Kota Purbalingga dengan ayam bernama Gunung Sari, sedangkan di kategori suara bintang diraih oleh ayam bernama Payung Kencana dengan pemiliknya yaitu Adit dari Purbalingga.

Kemudian di kelas bobot juara berhasil diraih ayam bernama Bima dengan pemiliknya Ade Rambo dari Kota Majalengka Jabar. Sedangkan di kelas terakhir yaitu penampilan, juara pertama diraih Rahayu dengan pemilik Wahyu dari Talaga Manggung Majalengka Jabar.

Turut hadir menyaksikan antara lain Wakil Bupati Brebes Narjo SH.MH, AKP Sutikno SH mewakili Kapolres Brebes, Kepala Dishub Brebes Budi Darmawan, Kepala Dinas Peternakan yang diwakili Edi Purwanto, Kepala Dinas Dikpora Brebes yang diwakili Muhammad Aka Dharma, Forkopicam Brebes, serta Yudistira Ketua DPW HIPPAPI Jateng. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar