Hankam

Hankam

Pemdes Gembong Kulon Dirikan Sekretariat Karang Taruna Satriya Wiratama


Slawi. Radardesa.com - Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie Selasa 30 Juni 2020 pukul 20.30 WIB bertempat di Desa Gembong Kulon Kec Talang Kab Tegal, Meresmikan sekretariat Karang Taruna Satriya Wiratama Desa Gembong Kulon.

Hadir dalam kesempatan itu, Sabilillah Ardie Wakil Bupati Tegal, Edi Sulistiyanto Ketua Karang Taruna Kab Tegal, Noor Alina Agustini Camat Talang, AKP. Junaedi Salsa Bhabinkamtibmas, Wisma Babinsa, Nur Efendi Ketua Karang Taruna Satria Wiratama Desa Gembong Kulon, Khamami DPRD Kab Tegal, jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten, Kecamatan Dan Desa di Kec. Talang
 
Sabilillah Ardie Wakil Bupati Tegal dalam sambutannya mengatakan dalam masa pandemi ini diharapkan masyarakat tetap sehat dan senantiasa bisa menjalankan aktifitas sosial-ekonominya yang produktif namun tetap aman dari covid-19.

Pandemi covid-19 setidaknya adanya berbagai persoalan dan kelemahan sebagai individu maupun sebagai bangsa. Karena itu, pandemi ini hendaknya bisa kita jadikan sebagai momentum terbaik untuk jujur adanya akan kelemahan dan mengakui permasalahan, lalu berinovasi dan berkolaborasi untuk mencari jalan keluarnya, ujar Ardie

Dikatakan Ardie, pemuda Karang Taruna hendaknya bisa mengkonversi momentum ini sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang akan menjadi panduan atau solusi bagi masyarakat, utamanya kelompok pemuda dengan memetakan sektor-sektor produktif yang bisa dikembangkan di masa normal baru, termasuk mengubah proses konvensional di desa menjadi semakin digital, bisnis dan bisnis, ungkapnya
 
Dengan demikian menurutnya,  peran pemuda Karang Taruna tidak saja aktif sebagai motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan, tapi sekaligus juga agen perubahan digitalisasi berbagai sektor kehidupan di lingkungannya, termasuk bagi UMKM sebagai
kekuatan ekonomi kerakyatan di masa pandemi.

Karuna kiranya juga Karang bisa menjadi pelopor inovasi desa ini. Pemuda hendaknya mendorong kreatifitas generasi muda desa untuk memanfaatkan potensi dan menangkap peluang yang ada demi kemajuan bersama. “Saya yakin dan saya percaya, pemuda Karang Taruna Desa Gembong Kulon adalah generasi dengan semangat kemandirian tinggi yang terbiasa melakukan berbagai hal dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Bahkan saat dihadapkan pada situasi krisis seperti ini, maka pemudalah paling cepat menyesuaikan diri dengan situasi yang bisa beradaptasi” ujar Sabiilillah Ardie.

Sementara ketua Karang Taruna Kab Tegal Edi Sulistiyanto dalam kata sambutannya mengungkapkan, dari pengamatan selama masa pandemi ini, tidak sedikit dari penuda yang rela mengubah nilai dan gaya hidupnya semisal berusaha disektor ekonomi kreatif. Hal ini karena sektor pangan menjadi sektor yang sangat menjanjikan dan menawarkan banyak keuntungan.

Dibagian lain Edi mengungkapkan Sekretariat Karang Taruna Satriya Wiratama Desa Gembong Kulon ini merupakan satu – satunya Sekretariat Karang Taruna di Kab Tegal yang dibangun oleh Pemerintah Desa. Sehingga harus menjadi spirit bagi desa yang lain.

Pemuda yang tergabung di Karang Taruna menurut Edi hendak mampu menciptakan ekonomi kreatif di desanya. Termasuk mampu berkreasi di Bumdes sehingga bisa menciptakan kesejahteraan sosial bagi masyarakat. Dan Karang Taruna juga hendaknya menjadi garda terdepan dalam implementasikan program gubernur Jateng, lewat progran “Joko Tonggo” dalam pencegahan dan penanganan covid 19, pungkas Edi (Nurul Islamiaty)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemdes Gembong Kulon Dirikan Sekretariat Karang Taruna Satriya Wiratama"

Posting Komentar