Hankam

Hankam

PASITER KODIM 0712/TEGAL SEBAGAI NARASUMBER TENTANG WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA-SISWI PERWAKILAN SMK SE KOTA TEGAL

Tegal -  Pasiter Dim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib menjadi Narasumber materi Peningkatan Waswasan Kebangsaan pada perwakilan Siswa-Siswi  SMK se Kota Tegal, bertempat di Gedung Eks Samsat Balai Kota Tegal sejumlah 100 orang.Selasa(24/10)

Dalam materi yang disampaikan,”Kita harus mempertahankan Ideologi Pancasila melalui Bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI,”Jelasnya.

Diawali dengan penjelasan tentang berdirinya Kerajaan-kerajaan di Indonesia, berdirinya Perkumpulan Budi Utomo pada tahun 1908, pelaksanaan Sumpah Pemuda tahun 1928,serta proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sehingga,” NKRI merupakan,Negara berdasarkan kebangsaan Bukan agama, Negara berdasarkan Republik bukan kerajaan, Negara bersifat kesatuan bukan Serikat, Negara didasarkan Pancasila bukan ideologi lain,”tegasnya.

Sistem pemerintahan presidentil bukan parlemen, Untuk itu perlu pemantapan wawasan kebangsaan  bagi Generasi Muda ,  Dengan tujuan  sebagai berikut, menyegarkan dan menguatkan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional Indonesia, mencintai dan mengutamakan kepentingan bangsa Indonesia dan negara daripada kepentingan sendiri.

Kita menyakini kebenaran falsafah Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai satu-satunya pedoman penyelenggaraan Negara, NKRI satu-satunya bentuk negara yang tepat untuk negara kepulauan dan pilihan dalam hidup bersama.

Mengajarkan untuk menghargai sesame,sehingga warga negara wajib mengetahui dan memahami tentang rasa kebangsaan, Paham kebangsaan dan Semangat Kebangsaan.

Dengan Konsensus dasar berbangsa dan bernegara,Pancasila,Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela Negara,Cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara,yakin pada Pancasila sebagai ideologi Negara, Telah berkorban untuk bangsa dan negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PASITER KODIM 0712/TEGAL SEBAGAI NARASUMBER TENTANG WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA-SISWI PERWAKILAN SMK SE KOTA TEGAL"

Posting Komentar