Rumah Warga di Desa Sadahayu Terdampak Longsor, Ini Aksi Tanggap Babinsa - RADARDESA

Selasa, 02 Juni 2020

Rumah Warga di Desa Sadahayu Terdampak Longsor, Ini Aksi Tanggap Babinsa


Cilacap-Intensitas hujan yang cukup deras disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Majenang telah menyebabkan rumah Bpk. Heru (32) salah satu warga RT. 02/RW. 02 Dusun Lamping, Desa Sadahayu terkena dampak longsor.

Kondisi hujan yang terus  mengguyur wilayah tersebut menyebabkan pondasi beton tak mampu menahan pergerakan tanah, sehingga tanah longsorpun terjadi dan menimpa rumah Heru.

Terkait hal tersebut Babinsa Sadahayu, Koramil 13 Majenang, Kodim 0703 Cilacap, Sertu Sihabul Khair segera melakukan aksi tanggap setelah mendapat laporan dari warganya.

Melalui koordinasi dengan semua unsur diwilayah tersebut, dirinya bergerak cepat memotori warga setempat dalam kegiatan karya bakti guna membantu pembangunan pondasi penahan dan memulihkan kondisi baik materil maupun personel yang terdampak tanah longsor, Senin (01/06/20).

Dalam kesempatan itu Babinsa Sadahayu Sertu Sihabul Khair menerangkan berdasarkan laporan yang diterima kejadian bermula pada pukul 21.00 WIB telah terjadi pergerakan tanah yang mengarah ke rumah warga, Heru ( 32) yang sehari hari bekerja sbagai wiraswasta. Tembok penahan berukuran 2 × 1 meter tak cukup kuat untuk menahan pergerakan tanah, sehingga tanah longsorpun terjadi.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa, pemilik rumah  dan warga Dusun Lamping Desa Sadahayu terkait penanganan bencana longsor ini, menurut mereka kondisinya tidak terlalu parah sehingga hasil koordinasi dengan Kepala Desa dan warga Dusun Lamping Desa Sadahayu, penanganan tidak melalui BPBD, " terangnya.

Lebih lanjut, kami selaku Babinsa Koramil 13 Majenang berinisiatif  untuk melaksanakan karya bakti  secara gotong royong melibatkan seluruh warga  untuk membangun pondasi menahan pergerakan tanah tersebut sehingga dikemudian hari jikalau hujan, maka dapat mencegah adanya tanah longsor.

Sementara itu Heru, sangat berterimaksih kepada seluruh warga, pemerintah desa dan Babinsa Sertu Sihabul Khair yang turut membantu dalam karya bakti untuk mengatasi tanah longsor yang menimpa rumahnya.

"Kami sangat berterimaksih kepada pak Babinsa yang selalu hadir ditengah warga, apalagi disetiap ada bencana pasti turun ke wilayah untuk membantu kesulitan warga. Kami berharap dengan pembangunan pondasi mampu mencegah atau menahan longsor, sehingga kita tidak was-was saat musim hujan," kata Heru.(Ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar