Hankam

Hankam

Tingkatkan Kesiapan dan Kemampuan Babinsa, Kodim Cilacap Gelar Kegiatan Binsiap Apwil dan Puan Ter TA. 2020

 
Cilacap - Tingkatkan kemampuan Babinsa sebagai Aparat Kewilayahan, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan II TA. 2020 bertempat di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Jln. Jend.Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (8/6/20).

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri Pasiwanwil Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Safari, Pasiter Kodim Kapten Cba M. Isa Saefudin, Danramil sebagai pemberi materi dan diikuti Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap. Kegiatan pembinaan kesiapan Apkowil dan Kemampuan Teritorial merupakan program TNI AD yang dilaksanakan Satuan Komando Kewilayahan, guna membekali para prajurit yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah agar mampu meningkatkan kemampuanya dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter).

Hal tersebut selaras dengan sambutan Komandan Kodim yang disampaikan Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian yang mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut diharapkan Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap lebih meningkatkan kemampuan kerja baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai barometer bagi Aparat Kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim 0703/Cilacap dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

Pada kesempatan tersebut, Kasdim menegaskan bahwa seorang Babinsa harus bisa menguasai geografi, demografi, serta kondisi sosial di wilayah tugasnya dan semua itu muaranya adalah terwujudnya kemanungg!alan antara TNI dan Rakyat. "Untuk itu, apa yang menjadi esensi dari kegiatan ini tidak terlepas dari tujuan Binter yaitu terwujudnya ruang, alat, kondisi (RAK) juang yang tangguh, mampu mewujudkan alat juang yang tangguh, dan terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat," tegasnya.

Diakhir sambutannya, Kasdim berharap agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesiapan, kemampuan Babinsa dalam pemberdayaan wilayah. "Jadikan pemberdayaan wilayah sebagai skala prioritas guna wujud nyata pelaksanaan tugas pokok dilapangan dengan menjadikan Babinsa yang kreatif dan inspiratif sehingga akan tercapai tujuan pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0703/Cilacap," tandasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, selanjutnya para Babinsa mendapat pembekalan berupa materi Sikap Ter yang disampaikan Danramil 09/Kawunganten Kapten Cpm Teguh Budiono, Metode Binter oleh Danramil 10/Gandrungmagu Kapten Inf. Marjono, dan materi Lima Kemampuan Ter yang disampaikan oleh Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf. Tasino.(Ast)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatkan Kesiapan dan Kemampuan Babinsa, Kodim Cilacap Gelar Kegiatan Binsiap Apwil dan Puan Ter TA. 2020"

Posting Komentar