Anggota Kodim 0712 Tegal Kendalikan Gulma Pada Tanaman Jagung

 


Tegal - Kegiatan pemantauan dan perawatan tanaman jagung ketahanan pangan Kodim 0712/Tegal selalu mendapatkan perhatian khusus sejak jagung tersebut ditanam sekitar tanggal 18 Nopember 2022 yang lalu.

Menurut Ws. Pasi Teritorial Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi menyampaikan, Tumbuhnya gulma pada area tanaman jagung ini akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman jagung, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasilnya nanti.

Pada tanaman jagung, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya tanaman jagung. Gulma secara langsung bersaing dengan tanaman utama untuk mendapatkan air, unsur hara, cahaya dan faktor tumbuhan lainnya.

Pemantauan tanaman tersebut di laksanakan secara rutin mulai dari pengairan ,pembersihan rumput, penyemprotan dan pemupukan awal serta yang tak kalah pentingnya adalah penyemprotan tanaman agar tahan terhadap serangan hama  tanaman. Kamis (22/12/2022)

Kondisi  pada saat musim hujan seperti sekarang ini tanam harus mendapatkan perhatian dan perawatan khusus karena secara umum tanaman jagung  tidak bisa tergenang air yang terlalu banyak sehingga tanam pertumbuhannya bisa terganggu.

Dalam  menjaga pertumbuhan tanaman jagung tersebut telah kita laksanakan , pembuatan parit parit untuk pembuangan air hujan yang berlebihan serta  penyemprotan rutin dengan pestisida agar tanaman tidak diganggu oleh hama dan bulai batang.

Diketahui bahwa pada lahan ketahanan pangan Kodim Tegal pada saat sekarang  seluas 1,5 Ha berada di Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kab Tegal  dengan  kerja sama  Gapoktan di Wilayah. (Pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anggota Kodim 0712 Tegal Kendalikan Gulma Pada Tanaman Jagung "

Posting Komentar