Warga Pasarbatang Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Buang


Brebes, Radardesa.com – Warga Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bergotong-royong bersihkan eceng gondok yang tumbuh lebat di sungai sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan.

Disampaikan Babinsa setempat dari Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, Serka Sudirso, bahwa kerja bakti itu dilakukan untuk melancarkan saluran air buangan kota yang tersumbat khususnya di RT. 06 dan 07 RW. 05 Kelurahan Pasarbatang.

“Warga RW. 05 Kelurahan Pasarbatang sangat antusias kita ajak untuk bersih-bersih saluran air termasuk ibu-ibu. Buktinya, sepanjang 60 meter saluran air di RT. 06 dan 07 itu kini telah bersih,” bebernya Senin (12/12/2022).

Sudirso menambahkan, pembersihan selanjutnya direncanakan akan dilakukan Jumat mendatang (16/12), mengingat masih tersisa sekitar 40-50 meter lagi eceng gondok di saluran air di RW. 05 itu.

“Bersih dan rapinya lingkungan menandakan bahwa kepedulian di lingkungan itu tinggi. Kita berharap warga desa tetangga di sepanjang aliran sungai untuk juga membersihkan eceng gondok sampai ke muara,” tandasnya.

Selain itu, jika air menggenang ditambah lebatnya eceng gondok maka dapat menjadi sarang berbagai bibit penyakit, terlebih penyakit yang ditularkan melalui perantaraan nyamuk.

Sementara disampaikan Lurah Pasarbatang Suharis, bahwa pihaknya berharap dinas terkait segera melakukan normalisasi saluran air yang dangkal sehingga air buangan dari Brebes kota bisa lancar ke muara.

Ia juga minta kepada warganya agar lebih peduli akan kebersihan lingkungan khususnya saluran air, karena di beberapa titik alat berat kesulitan atau bahkan tidak bisa masuk sama sekali ke bibir sungai untuk melakukan normalisasi, dikarenakan mayoritas rumah-rumah warga dibangun di sekitar saluran buangan air. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Pasarbatang Bersihkan Eceng Gondok di Saluran Buang"

Posting Komentar