Panen Pedet dan Induksi Kebuntingan Sapi Jabres Massal di Kebandungan


Brebes – Pihak Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM Yogyakarta yang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, melakukan panen massal 1000 pedet Sapi Jabres (Jawa Brebes) di Dukuh Cilangbo, Desa Kebandungan, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (13/12/2022).

Disampaikan drh. Ignatius Susatyo Wijoyo MM selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerjasama FKH UGM Yogyakarta, bahwa panen pedet massal itu merupakan salah satu kegiatan dalam program Matching Fund Patriot Pangan Nasional FKH UGM Yogyakarta di Kebandungan, dimana kegiatan lainnya yaitu pesta patok, demo IB, demo USG, ekspo ternak unggulan domba sakub dan sapi Jebres, serta penyerahan bantuan kepada masyarakat miskin ekstrim.

Lanjutnya, pihaknya bersama DPKH Brebes juga melakukan induksi kebuntingan terhadap 500 ekor sapi jabres milik warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Ternak Maesa Mukti Kebandungan.

“Saya mengapresiasi kolaborasi antara Pemda (DPKH Brebes), UGM, dan kelompok ternak setempat dalam memboomingkan sapi jabres, yaitu sapi lokal Brebes yang banyak keunggulannya,” ujar dokter hewan tersebut.

Ignatius berharap program komplit seperti itu bisa dilakukan di daerah-daerah lain di Indonesia, karena bisa memberikan manfaat bagi para peternak sapi khususnya dan juga bagi ketahanan pangan nasional khususnya pemenuhan daging sapi.

“Program ini adalah sinkronisasi dari pengembangan sapi guna mendukung kebutuhan sapi di Indonesia,” sambungnya.

Sementara disampaikan salah satu peternak sapi setempat yang sekaligus merupakan babinsa setempat Peltu Diono, bahwa di desa binaannya itu (Kebandungan), setidaknya ada 300 orang lebih yang mempunyai ternak sapi, kerbau, dan domba sakub.

“Di Kebandungan, bahkan ada peternak yang mempunyai 40 ekor sapi, ada juga yang punya 60 ekor kerbau,” beber babinsa dari Koramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes yang sedang menyiapkan kandang untuk menampung 12 ekor sapi jabres itu.

Diono mewakili para peternak di desa binaannya itu menyatakan terima kasih karena Kebandungan dijadikan sebagai salah satu tempat pengembangan sapi di tanah air.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan itu yakni Bupati Brebes yang diwakili Agus Ashari (Asda II), Prof. dr. Ova Emilia M.Med.ed,Sp.OG (K), Oh.D (Rektor UGM), Dr. Ir. Nasrullah M.Sc (Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan), Kepala DPKH Brebes drh. Ismu Subroto M.Si, kepala DLHPS Brebes Laode Vindar, Camat Bantarkawung Slamet Budi Rahardjo SIP, Kepala Telkom Wilayah Pekalongan Ibu Anika, dan Kades Kebandungan Wisrad S.Sos. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panen Pedet dan Induksi Kebuntingan Sapi Jabres Massal di Kebandungan"

Posting Komentar