Hankam

Hankam

Pimpin Upacara Hari Senin, Dandim 0712 Tegal Sampaikan Amanat Pangdam IV Diponegoro

 


Tegal – Kodim 0712/Tegal menggelar upacara bendera hari senin, bertempat di Lapangan Upacara Makodim 0712/Tegal Jln. Raya Pagongan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Senin (18/3/2024)

Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Suratman, SIP., MIP, Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Arm Suroso dan Perwira Upacara dijabat oleh Kapten Arm Tarsono yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0712/Tegal dan Satdisjan wilayah Tegal.

Pada amanatnya Dandim 0712/Tegal membacakan amanat dari Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si. menyampaikan pada kesempatan yang baik ini, selaku Panglima Kodam IV/Diponegoro saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1445 H, bagi segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kodam IV/Diponegoro yang beragama Islam, semoga ibadah yang dilaksanakan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Mencermati perkembangan kondisi cuaca yang terjadi akhir-akhir ini serta prediksi dari BMKG bahwa diperkirakan masih akan terjadi hujan disertai angin di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta beberapa hari ke depan, menuntut kesiapan dan kesiagaan personel dan materiil untuk diterjunkan melaksanakan tugas perbantuan penanggulangan bencana alam khususnya dalam pelaksanaan tugas pencarian dan pertolongan (Search and Rescue) korban serta penanganan dan pelayanan pengungsian. Kodam IV/Diponegoro harus hadir dan dapat memberikan bantuan, solusi dan tindakan untuk mengatasi kesulitan rakyat, tidak hanya pada tugas penanggulangan bencana alam saja tetapi juga dalam bidang lain sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Selanjutnya berkaitan dengan masih berlangsungnya proses Pemilu serentak tahun 2024, saya p rintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS serta segenap keluarga besar Kodam IV/Diponegoro untuk tetap dapat menempatkan diri dengan baik sesuai dengan perintah Netralitas TNI dalam pemilu, tidak mudah terprovokasi dan terpancing emosi Ketika ada upaya untuk menarik-narik TNI dalam lingkaran politik praktis. Selalu waspada dan bijak dalam menggunakan media sosial karena kita terkadang tidak sadar sehingga terpancing dan larut terlibat memberikan komentar-komentar yang berhubungan dengan politik praktis.

Berkaitan dengan tugas pokok kita dalam penyelenggaraan Program Kerja dan Anggaran pada TA 2024 yang sebentar lagi memasuki akhir Triwulan-I, saya berharap seluruh satuan segera menyelesaikan program-program kegiatan beserta dengan administrasi pertanggung-jawaban keuangan dengan mempedomani batas waktu dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi temuan-temuan yang seringkali berulang dalam kegiatan pengawasan dan pemeriksaan oleh Inspektorat Kodam dan Inspektorat Komando Atas. Masing-masing personel dan satuan harus memiliki rasa tanggung jawab dan semangat dalam bekerja sesuai dengan jabatannya secara profesional dalam rangka mewujudkan satuan Kodam IV/Diponegoro yang “PRIMA” (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern dan Adaptif).

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut : Pertama. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran agama masing-masing sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas. Kedua. Perkuat dan perkokoh sinergitas kita dengan Polri dan Pemerintah Daerah di seluruh wilayah untuk menciptakan stabilitas dan kondusifitas keamanan serta menjamin kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah. Ketiga. Tumbuhkan rasa empati dan kepedulian ketika melihat kesulitan rakyat, TNI harus hadir untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat. Keempat. Tumbuhkan kembali rasa bangga sebagai seorang prajurit dan PNS TNI AD agar kita sadar dan termotivasi untuk selalu bekerja dengan ikhlas dan mampu mengendalikan diri sehingga tidak melakukan tindakan pelanggaran sekecil apapun. Kelima. Tetap jaga kondisi kebugaran fisik dan kesehatan dengan rutin melaksanakan olah raga secara teratur, pemeriksaan medis yang berkala dan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi.

Demikian amanat saya pada upacara bendera kali ini. Selamat bertugas dan tetap semangat, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pimpin Upacara Hari Senin, Dandim 0712 Tegal Sampaikan Amanat Pangdam IV Diponegoro"

Posting Komentar