Hankam

Hankam

Angin Puting Beliung Menerjang Puluhan Rumah di Kota Tegal

 


TEGAL - Angin puting beliung telah menerjang puluhan rumah di Kota Tegal, Jawa Tengah, Sedikitnya 125 rumah dilaporkan mengalami kerusakan di dua kelurahan di Kecamatan Margadana, dalam kejadian yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, Jumat (26/2) pagi. Tidak ada korban jiwa maupun luka luka dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan data Palang Merah Indonesia Kota Tegal menyebutkan, dari 125 rumah, sebanyak 81 rumah berada di lima rukun warga di Kelurahan Margadana, dan 44 rumah berada di tiga RW di Kelurahan Kalinyamat Kulon. Kerusakan didominasi seperti genteng dan seng. Selain itu, sejumlah pohon juga dilaporkan tumbang.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. bersama Kapolresta Tegal dan Pemerintahan Daerah Kota Tegal mengambil langkah dengan cepat membentuk Posko bencana alam dan mengerahkan pasukan untuk membantu kesulitan rakyat yang berada di wilayah Kota Tegal khususnya Kecamatan Margadana.  

Dandim 0712 Tegal, Letkol Infantri Sutan Pandapotan Siregar didampingi Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, mengatakan, sinergitas TNI – Polri dan Pemerintah daerah, dalam rangka memberikan bantuan sosial kepada warga yang terkena bencana alam angin puting beliung yang menyebabkan beberapa rumah warga rusak, personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk membantu warga memperbaiki atap rumahnya yang rusak agar sudah bisa ditinggali sebelum hujan turun.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tegal memprediksikan bahwa cuaca ekstrem dan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem puting beliung, hujan lebat disertai petir serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin

Sementara itu personel TNI-Polri, pemerintah daerah dibantu ormas terjun langsung membantu korban bencana angin puting beliung, di Kecamatan Margadana. Para personel ini bahu membahu secara bersama sama memperbaiki atap rumah yang jebol karena diterbangkan angin.

Tak hanya memperbaiki rumah warga yang rusak, Dandim 0712 Tegal Letkol Infantri Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. bersama Kapolres Tegal AKBP Rita Wulandari Wibowo dan Ketua Persit KCK Cab. XXII Dim Tegal, Ketua Bayangkari Kota Tegal yang meninjau langsung perbaikan juga memberikan bantuan berupa sembako dan masker kepada warga. (Pendim/Nrs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angin Puting Beliung Menerjang Puluhan Rumah di Kota Tegal"

Posting Komentar