Antisipasi Tanah Bergerak Sirampog Brebes - RADARDESA

Rabu, 17 Februari 2021

Antisipasi Tanah Bergerak Sirampog Brebes

 


Brebes, Radardesa.com - Akibat derasnya air hujan mengguyur wilayah Brebes, Jawa Tengah dari sore hingga pagi hari, terjadi tanah bergerak di salah satu pedukuhan di tepatnya Dukuh Salam dan Dukuh Pereng, Desa Mlayang, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Rabu (17/02/2021).

Dukuh yang terletak di RT 02 RW 01 dan 04 ini mengalami kerusakan yang cukup berat, ada beberapa rumah yang mengalami retak dinding dan atapnya runtuh.

Danramil 10 Sirampog Letda Infanteri M. Yazid “Tanah bergerak di kedua dukuh di Desa Mlayang diakibatkan tanah diwilayah tersebut sangat labil sehingga apabila terjadi hujan deras dan lama akan menggerus tanah yang berada disini”. Ungkap Danramil.

“Ada beberapa rumah yang rusak dan retak dinding rumahnya serta ada jalan yang longsor menutup jalan (Dukuh Salam), rencananya akan dilakukan karya bhakti pembersihan puing-puing rumah dan pembersihan tanah longsor yang menutupi jalan oleh TNI, Polri dan BPBD serta warga”. Tambah Letda M. Yazid.

Kepala DPU Brebes Faizin yang didampingi Kapolsek dan Camat Sirampog menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada jika terjadi hujan kembali.

“Untuk warga yang mengalami kerusakan rumah agar singgah untuk sementara tinggal dirumah saudara terdekat guna pengamanan mengantisipasi tanah bergerak susulan”. Papar Faizin.

Sampai dengan saat ini pihak pemerintah desa masih mendata kerugian materiil dari bencana tanah bergerak, untuk kerugian jiwa nihil. (Teguh). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar