Hankam

Hankam

Babinsa Pasarbatang Motivasi Warga Bangun Pos Kamling


Brebes, Radardesa.com – Serka Sudirso Babinsa, Babinsa Koramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes, damping warga binaannya untuk melanjutkan pembangunan Pos Kamling di RW. 07 Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Selasa (28/3/2023).

Dijelaskan Serka Sudirso, pengamanan swakarsa khususnya di wilayah kelurahan binaannya itu perlu ditingkatkan lagi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan khususnya di lingkup RW. 07 Kelurahan Pasarbatang.

“Beberapa kasus kejahatan yang sedang viral di medsos terjadi karena pelaku menilai bahwa potensi pengamanan di wilayah itu rendah sehingga berani melancarkan aksi kejahatannya,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Pos Kamling juga akan mendidik kepedulian warga setempat untuk lebih peduli lagi terhadap keamanan dan ketertiban di sekitar tempat tinggal mereka.

Adanya pos ronda sedikit banyak akan membatasi ruang gerak orang asing yang berniat jahat saat melintasi/berkunjung ke lingkup RW. 07 Kelurahan Pasarbatang.

“Sebelumnya warga menilai lingkungan tempat tinggal mereka biasanya aman-aman saja. Namun setelah kita sosialisasikan pentingnya Siskamling, pihak pemerintah desa dan warga pun menyambutnya dengan gembira,” sambungnya.

Kemudian bagi pihak Koramil dan Polsek Brebes, adanya pengamanan swakarsa itu nantinya jelas akan membantu menjaga kondusifitas wilayah di wilayah tugas.

Lanjutnya, kegiatan tambahan dari adanya siskamling adalah penarikan jimpitan. Walaupun nominal jimpitan biasanya Rp. 500-1000 rupiah per rumah per hari, namun jika dikalikan jumlah rumah dan dalam waktu satu bulan maka akan menambah kas RW atau dusun untuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, uang jimpitan yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pernak-pernik menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan keagamaan, dan pengembangan UMKM setempat. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Pasarbatang Motivasi Warga Bangun Pos Kamling"

Posting Komentar