BRUG ABANG DALAM KAJIAN ILMIAH JUARA HARAPAN KE-2 NASIONAL


Tegal - Radardesa.com. Satu lagi, buku antologi puisi tegalan "Brug Abang" karya Presiden Penyair Tegalan Dwi Ery Santoso dijadikan kajian ilmiah oleh penulis buku Muarif Esage. Bahkan mampu memperoleh Juara Harapan Ke-2 senyampang kajiannya itu diikutkan dalam Lomba Penulisan Karya Ilmiah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan tingkat nasional.

Muarif Esage mengatakan hal itu di sela-sela kesibukannya merampungkan buku biografi "Lanang Setiawan Penjaga Bahasa dan Pelopor Sastra Tegal".

Menurut dia, mengapa pihaknya kepencut mengangkat kumpulan puisi tegalan "Brug Abang" lantaran buku tersebut cukup menarik dan menggoda. Baik gaya penulisannya maupun banyak mengandung artefak-artefak kebahasaan tegalannya yang dipilih Dwi Ery Santoso.

"Saya tertarik memilih Brug Abang karena kaya kebahasaan tegalannya cukup purba. Estetikannya juga tinggi. Inilah yang membawa saya tertarik dan mengikuti Lomba Karya Ilmiah yang diselenggara oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2016. Dan alhamdulillah mendapat juara Harapan dua," katanya.

Sekadar tahu, Muarif lahir di Tegal pada 25 Mei 1969. Dia adalah salah satu guru di SMA Negeri l Slawi, Kabupaten Tegal mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Beberapa bukunya yan telah diterbitkan "Mitos-mitos Tegal, Kumpulan Cerita Rakyat Kabupaten Tegal (2015), "Selamat Menempuh Hidup Puisi (Kumpulan Puisi, 2016), "Ibu Guru Kelihatan Celanamu" (Kumpulan Puisi Pendidikan, 2016), "Puisi, Ideoligi, dan Pembaca yang Terkalahkan" (2017), "Bahasa Aku Rajam dengan Doa" (Kumpulan Puisi, 2018) dan "Rezim Cerita, Politik Luterasi, dan Refleksi atas Kelamin" (Kumpulan Kritik Sastra, 201i).

Beberapa penghargaan yang pernah diraih, selain yang sudah disebut di atas yakni, tahun 2018 dia meraih Juara Ke-3 dalam Lomba Mengulas
Karya Sastra tingkat nasional yang
Kementerian Pendidikan Nasional dengan mengkaji Kumpulan Puisi "Kalung dari Teman" karya Afrizal Malna dan pada rahun 2017 dia meraih Juara Ke-3 dalam Sayembara Penulisan Kritik Sastra yang siselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta. Kini dia sedang merampungkan buku biografi Lanang Setiawan (Dasuki)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BRUG ABANG DALAM KAJIAN ILMIAH JUARA HARAPAN KE-2 NASIONAL"

Posting Komentar