Penghijauan dan Tabur Benih Nila Di Kolam Demplot Kodim 0713/Brebes - RADARDESA

Kamis, 21 Februari 2019

Penghijauan dan Tabur Benih Nila Di Kolam Demplot Kodim 0713/Brebes

Brebes, Radardesa.com - Dalam upaya meningkatkan perkembangan pembangunan di sektor perikanan dan lingkungan hidup Pemerintah kabupaten Brebes, Kodim 0713/Brebes menggelar penghijauan dan tabur benih nila kolam demplot di tambak ikan milik Dr. Ir. H. Syarifudin, M. Si, Dukuh Karang Mulya Desa Krakahan Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Kamis pagi (21/02/2019).

Penaburan benih ikan sebanyak 20.000 ekor, Dandim 0713/Brebes Letnan kolonel Infanteri Faisal Amri, S.E. didampingi Dr. Ir. H. Syarifudin, M. Si beserta Muspika Kecamatan Tanjung yang diwakili oleh Danramil Tanjung Kapten Infanteri Muchtadi, UPT Dinas Perikanan Kecamatan Tanjung Murni, Karang Taruna Desa Krakahan dan warga Dukuh Karang Mulya.

Dandim kesempatannya menyampaikan, bahwa kegiatan penaburan benih ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan serta mencegah terjadinya kepunahan ikan di perairan Kabupaten Brebes, khususnya perairan Tambak milik Bapak H. Syarifudin ini. Dengan bertambahnya populasi ikan, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat Desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya lagi, Ketersediaan air menjadi masalah utama di Brebes terutama wilayah Pantura tiap musim kemarau. Hal ini diduga minimnya resapan air hujan, seiring semakin jarangnya tanaman penghijauan. Guna memulihkan dan memanfaatkan kondisi lahan di sekeliling tambak dengan ditanami pohon sebanyak 2.500 pohon (Mahoni,Trembesi, Akasia, Jati).

UPT Dinas Perikanan Kecamatan Tanjung Murni mengatakan 20.000 benih ikan nila dan emas yang kita tabur ini bukan untuk budidaya tapi restocking dalam istilah perikanan, maka harapan kami warga desa tolong dijaga dan dirawat. Kali ini dengan sebanyak benih ikan tersebut, nanti kita lihat perkembangannya kami pantau lagi beberapa bulan kedepan kalau ada perkembangan kita tambah lagi sesuai muatan kolam.

Danramil Tanjung Kapten Infanteri Muchtadi menambahkan kepada karang taruna yang hadir dalam penaburan ikan, " kelola lah tempat ini menjadi lebih bagus dan Kolamnya agar dijaga kebersihannya.

Ali fauzan perwakilan dari karang taruna mengatakan, "banyak terima kasih kami ucapkan kepada bapak H. Syarifudin yang menyediakan tempatnya, UPT Dinas Perikanan dan Kodim atas kepeduliannya terhadap desa kami, kiranya bapak diberi kesehatan dan panjang umur agar bisa terus berbuat baik untuk perkembangan di sektor perikanan khususnya, tidak hanya di desa kami tapi juga bisa ke desa desa lain di Kabupaten Brebes ini tutupnya. (Pen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar