Hankam

Hankam

Debat Capres, Jokowi Lebih Masuk Akal dan Realistis


Radardesa.com. Menanggapi debat terbuka pasangan calon presiden yang digelar di Jakarta Minggu (17/2/2019) kemarin, menurut pandangan Budi Laksana Sekretaris, Jenderal Nasional Serikat Nelayan Indonesia (SNI) Debat ke-2 antara Capres nomor 01 Joko Widodo dengan Capres nomor 02 Prabowo Subianto dengan tema “ energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup “ cecara logis dan masuk akal Jokowi lebih mengetahui permasalahannya..

Selain mengetahui persoalannya, menurut Budi Laksana, Presiden Jokowi telah melaksanakan pekerjaannya selama 4 tahun lebih, yang keberhasilannya sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia. Salah satunya adalah pelaksanaan reforma agraria dengan perhutanan sosial dan sertifikasi lahan yang diberikan kepara petani, masyarakat adat juga nelayan.

Pada issu nelayan,  pemerintahan Jokowi sejak awal konsisten dalam memberantas illegal, unreported dan unregulated (IUU) Fishing sejak 2018 ada 488 kapal asing yang sudah ditenggelamkan.


Termasuk pertanyaan terkait nelayan miskin yang disinggung oleh Prabowo, terkait modal, akses yang dibatasi termasuk peraturan-peraturan yang membatasi nelayan kecil. Jelas Prabowo tidak mengerti masalah disini dan Jokowi sudah sangat jelas menyampaikan.

Bahwa ada Bank Mikro Nelayan yang sudah ada sejak 2017, hal ini merupakan implementasi dari pasal 60 UU Perikanan No.31 tahun 2004 sebagaimana diubah dalam UU No.45 tahun 2009, Pasal 61 UU No.7 tahun 20016

Tentang perlindungan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam. termasuk negara hadir, apa yang disinggung Prabowo. negara jelas hadir ditengah-tengah nelayan kecil ada asuransi nelayan, bebas biaya perizinan dan retribusi bagi para nelayan kecil. “ Saya kira disini point penting Jokowi sudah melaksanakannya dan tahu masalahnya “ ujar Budi Laksana .

Lebih lanjut Sekjend. Serikat Nelayan Indonesia (SNI) mengungkapkan, pengalihan teknologi bagi nelayan kecil juga sudah ada sejak 2017. Pemerintah melatih para nelayan dengan pelatihan SKK 60 mil, ATKAPIN Tiga untuk mendukung sertifikasi nelayan demi menjadikan nelayan yang modern. “ Jadi sangat jelas  pemerintahan Jokowi sejak lama berfihak dan sudah hadir ditengah kepentingan nelayan”  tandas Budi Laksana ditengah menyaksikan debat Capres. (Dasuki)












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Debat Capres, Jokowi Lebih Masuk Akal dan Realistis"

Posting Komentar