Gerakan Peduli Sampah Nasional Di Brebes, Tukar Sampah Dapat Bibit Pohon Buah - RADARDESA

Minggu, 24 Februari 2019

Gerakan Peduli Sampah Nasional Di Brebes, Tukar Sampah Dapat Bibit Pohon Buah

Brebes, Radardesa.com - Pemerintahan Kabupaten Brebes melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dengan aksi tukar sampah dengan bibit pohon buah. Momennya bertajuk “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat dan Bernilai Dengan Budaya Hidup Bersih dan Sehat Tanpa Sampah”.

Kegiatan ini diawali senam sehat bersama sejak pagi dengan warga Brebes yang ramai dan antusias, yang bertempat di pasar ahad saporete Islamic Center Brebes. Minggu (24/02/2019).

Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes yang menyediakan tanaman berbagai jenis tanaman buah . Diantaranya bibit buah jambu kristal, mangga, sirsak, sawo dan kelengkeng.

Penyampaian dari ketua panitia penyelenggara Drs. Edy Kusmartono, M.Si, bahwa sampah plastik merupakan masalah cukup pelik di semua daerah, terutama Brebes. Volumenya tiap hari terus bertambah seiring dengan aktivitas masyarakat. Untuk itu, gerakan menukar sampah dengan tanaman pohon dilakukan secara intensif.

Sampah yang terkumpul ini, selanjutnya akan dikumpulkan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Sampah organik yang diperoleh diolah menjadi kompos sedangkan sampah plastik diproses menjadi solar.

Ir. Laksmi Wijayanti, MCP Staf Ahli Bidang Ekonomi dan SDA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan perlu diketahui jumlah sampah di Indonesia hampir 66 juta ton pertahun, tidak mungkin pemerintah menangani sampah sebesar tersebut, maka dari itu masyarakat dihimbau untuk mengurangi sampah, terutama plastik, karena susah diuraikan secara alami.

Di sela sela kegiatan berlangsung Dandim 0713/Brebes Letkol Infanteri Faisal Amri, S.E mengungkapkan Kodim kemarin hari kamis melaksanakan kegiatan TNI bersama masyarakat untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan sasaran Pasar Induk, Terminal Angkot , Pasar Induk dan jalan sepanjang sungai belakang Pasar Induk Brebes.

Selain itu, kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kegotong royongan dan kebersamaan dengan peduli sampah di lingkungan sekitarnya.

“Jangan buang sampah sembarangan, apabila melihat sampah segera ambil dan dikantongi selanjutnya buang ketempat sampah.”tegas Dandim. (W).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar