Hadiri Perayaan Natal, Wakil Bupati Tegal Ingatkan Pentingnya Keberagaman - RADARDESA

Kamis, 26 Desember 2019

Hadiri Perayaan Natal, Wakil Bupati Tegal Ingatkan Pentingnya Keberagaman



Slawi - Wakil Bupati Tegal Sabililah Ardie pada saat menghadiri acara Perayaan Natal yang diselenggarakan oleh Gereja Kristen Jawa (GKJ) Slawi, mengingatkan pentingnya nilai kebersamaan dalam keberagaman. Karena menurut Ardie, Indonesia di dalamnya menaungi kehidupan 266 juta jiwa yang warganya bersuku-suku bangsa, beragama dan berbudaya. "Takdir Tuhan untuk bangsa Indonesia adalah keberagaman dan jalan terbaik bagi bangsa ini adalah kebersatuan yang harus kita syukuri," kata Ardie saat memberi sambutan di Hotel Grand Dian Slawi pada Rabu (25/12).

Terkait isu keberagaman dalam kehidupan sosial, Ardie menyampaikan bahwa dirinya telah menghimbau dan menitip pesan kepada seluruh tokoh pemuka agama, tokoh masyarakat dan elemen pembangunan lainnya supaya selalu mengedepankan semangat menjaga persatuan dan kesatuan. Upayakan untuk selalu mencari titik temu, bukan titik pisah, selalu mencari persamaan bukan malah mempertajam perbedaan. 

"Sikap saling menghormati dan saling menghargai ini kita perlukan dan harus kita tanamkan sedari dini pada anak-anak kita, generasi penerus kita. Supaya kelak mereka tidak tumbuh menjadi generasi yang eksklusif, generasi jaim yang tertutup, yang membatasi lingkungan pergaulan dan pertemanannya pada etnis tertentu, kelas sosial maupun kelompok tertentu," jelasnya. 

Ardie juga menyampaikan bahwa terdapat banyak cara untuk merawat serta mengikat kebersamaan dalam keberagaman. Seperti melalui kegiatan kerja bakti membersihkan kampung, menjaga keamanan lingkungan, saling berbagi makanan dan rejeki pada perayaan hari-hari tertentu hingga bergabung dalam kegiatan sosial. Cara ini menurut Ardie dapat menumbuhkan semangat saling berbagi, saling membantu untuk mengatasi berbagai persoalan dari keberagaman bangsa ini.

Diakhir sambutannya, Ardie menitip pesan untuk terus memperkuat nilai toleransi, kerukunan, nilai-nilai persaudaraan di antara sesama anak bangsa, umat beragama agar kenyamanan, rasa aman di masyarakat dapat terus dihadirkan. 

"Saya berdoa, harmoni Natal ini bisa membawa pesan damai yang selalu mengingatkan kita akan indahnya kebersamaan dalam keberagaman. Mari kita jaga, kita rawat semangat paseduluran yang sudah terjalin dan terbina baik selama ini. Jadilah sahabat yang baik bagi siapapun," pungkas Ardie.

Acara perayaan natal berjalan dengan lancar, dihadiri oleh Forum Kerukunan Umat Beragama seperti agama Islam, Katolik, Hindu, Budha, Kong Hu Chu dan tokoh Penghayat Tuhan YME. Turut hadir Camat Slawi Eliya Hidayah, Kapolsek Slawi Dwija Utama serta Danramil Slawi Shokib. (OI/Ast) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar