Hankam

Hankam

Upacara Hari Ibu ke-91, Walikota Tegal Bacakan Amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak



TEGAL - Bertempat di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balaikota Tegal Jl Ki Gede Sebayu Kel Mangkukusuman Kec Tegal Timur Kota Tegal telah dilaksanakan Kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu Ke-91, Hari Anti Korupsi Sedunia, Hari Bela Negara dan Hari Nusantara Tahun 2019 Tingkat Kota Tegal dengan tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" Senin (23/12/19).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Walikota Tegal : H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Komandan Upacara : Aipda Aan Ristianti, SH., M.Si (Satreskrim Polres Tegal Kota), Perwira Upacara : Aiptu Rosyani, SH (Panit Binmas Polsek Tegal Timur Polres Tegal Kota.

Dalam amanat Menteri  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dibacakan Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M mengatakan bahwa perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut untuk sadar dan aktif meraih akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan. Oleh karenanya, peringatan Hari Ibu diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Hari ibu indonesia lahir dari pergerakan bangsa indonesia diawali dengan kongres perempuan pertama 22 desember 1928 di yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan indonesia. Tema sentral pembahasan kongres perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan perkawinan, melawan perkawinan anak, poligami dan pendidikan perempuan, hakekat peringatan hari ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa indonesia. 

Perempuan indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya. Begitu juga dengan pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua namun perlu didukung semua pihak. PHI diharapkan menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan dan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sector pembangunan, pada akhirnya PHI memberikan keyakinan besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan .

Tema PHI ke-91 adalah “perempuan berdaya, indonesia maju” yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif, dan lain-lain. Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, pelibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholder, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye/gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender. He for she menjadi salah satu komitmen global yang harus dikelola sampai akar rumput.

Turut hadir pada upacara tersebut Walikota Tegal : H. Dedy Yon Supriyono, SE., M.M. Wakil Walikota Tegal : M. Jumadi, S.T., M.M, Kapolres Tegal Kota : AKBP Siti Rondhijah, S.Si. Pasminlog Lanal Tegal : Kapten Laut (T) M. Yusro, Danramil 02/Tegal Timur Kodim 0712/Tegal : Kapten Inf lrwan Sutrisno Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal : Hj. Toetik Ernawati, S.H., M.H Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal : H. Akhmad Farhan, S.Ag, M.Hi,  Pj. Sekda Kota Tegal : Drs. Imam Badarudin, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal : Ny. dr. H. Roro Kusnabilah Erfa Dedy Yon, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal : Ny. Dyah Probondari Jumadi, S.H., M.Kn, Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tegal : Ny. Debby Firoeza Abdal Hakim, SE, MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tegal : Ny. Nurdiyanti Imam Badarudin, Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tegal, Camat dan Lurah Sekota Tegal, Perwakilan Organisasi Wanita Sekota Tegal, Tokoh Wanita Kota Tegal,  Perwakilan Organisasi Masyarakat dan Anggota GOW Kota Tegal, Para Pengurus Dharma Wanita dan Pengurus PKK Kota Tegal, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, Pengurus Jalasenastri dan Pengurus Bhayangkari Kota Tegal, Pengurus Adhyaksa Dharmakarini, Pengurus Dharmayukti Karini dan Pengurus Organisasi Wanita Lainya Kota Tegal. (Nrs*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara Hari Ibu ke-91, Walikota Tegal Bacakan Amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak"

Posting Komentar