Upacara Tradisi Penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya di Wilayah Kodim 0712/Tegal - RADARDESA

BREAKING

Jumat, 20 Desember 2019

Upacara Tradisi Penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya di Wilayah Kodim 0712/Tegal




SLAWI - Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Richard Arnold YS menyatakan bahwa TNI bukanlah prajurit bayaran. TNI merupakan prajurit profesional. Selalu mengabdi kepada bangsa dan negara. 

"Kita bukan tentara yang mewah-mewahan. Kita adalah prajurit dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," kata Richard, usai upacara Penyerahan Simbul Yudha Wastu Pramuka Jaya dan Peringatan Hari Infanteri ke 71, di Stadion Tri Sanja Slawi, Kabupaten Tegal, Kamis Kemarin (19/12).

Upacara dipimpin Kasdam IV Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa. Sedangkan komandan upacara, Danyonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar. Acara yang diselenggarakan Kodam IV/Diponegoro ini dihadiri sekitar 500 orang.

Menurut Richard Arnold, peringatan Hari Infanteri ini digelar sangat meriah dan sederhana. Selain melaksanakan tradisi penyerahan simbul yudha wastu pramuka jaya, pihaknya juga menggelar donor darah, membagikan sembako kepada warga, dan menanam pohon. Donor darah diikuti sekitar 1000 orang. Pendonor tidak hanya dari prajurit TNI, tapi juga masyarakat, mahasiswa dan pelajar. Sedangkan sembako yang dibagikan jumlahnya sekitar 1000 paket. Sementara untuk penanaman pohon, dipusatkan di wilayah Terminal Bus Dukuhsalam dan sekitar Kota Slawi. 

"Acara ini tidak hanya seremoni, tapi akan terus kita lakukan untuk memperkuat ikatan batin kita (TNI) dengan masyarakat," ujarnya.

Richard mengungkapkan, kegiatan ini juga sekaligus untuk memberi contoh kepada Pemda bahwa TNI memang benar-benar turun langsung ke bawah. TNI memahami betul kesulitan masyarakat yang terjadi saat ini. Karena itu, masyarakat jangan pernah merasa termarjinalkan. 

"Masyarakat jangan kuatir, kita (TNI) selalu bersama rakyat," cetusnya.

Adapun, isi dari simbul Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya yakni, dua pucuk senjata LE dengan sangkur terhunus, dua buah tabung yang berisi amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman dan Ikrar Korp Infanteri, kemudian satu buah bendera lambang Korp Infanteri, satu tas administrasi satuan infanteri dalam keadaan utuh dan lengkap, serta satu buah bendera lambang Kodam IV/Diponegoro. 

Sementara, amanat Danpusif Mayor Jendral TNI Teguh Pudjo Rumekso yang dibacakan Kasdam IV Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa mengucapkan selamat Hari Infanteri tahun 2019 kepada seluruh prajurit infanteri.

"Mari kita mantapkan langkah kita untuk mewujudkan Infanteri yang maju, modern dan berkelas dunia dengan berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas," tegasnya. (yer/Heri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar