Dandim Brebes Hadiri Pelepasan Ekspor Perdana Bawang Putih Ke Taiwan - RADARDESA

Rabu, 12 Agustus 2020

Dandim Brebes Hadiri Pelepasan Ekspor Perdana Bawang Putih Ke Taiwan

 

Brebes, Radardesa.com - Bangkitkan Kejayaan Bawang Putih Lokal, PT. Agri Indo Sejahtera (AIS) Ekspor Bawang Putih Indonesia Ke Taiwan. Acara pelepasan ekspor tersebut dilakukan oleh Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc di gudang bawang milik PT. AIS di jalan raya pantura Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rabu Sore (12/08/2020).

Ekspor Perdana tersebut dihadiri oleh Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI yang didampingi Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE., MH, Wakil Bupati Brebes Narjo, SH., MH, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, S.IK., MAP, serta beberapa Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes. 

Untuk pertama kalinya, bawang putih lokal asal Indonesia diekspor ke Taiwan, adapun total bawang putih yang akan diekspor ke negara tersebut mencapai 1.000 ton. Ekspor bawang putih tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. di antaranya Brebes, Batang, Temanggung dan Sumbawa.

Ekspor ini untuk memenuhi permintaan pasar di Taiwan sebanyak 1.000 ton selama 2020.

Pengiriman bawang putih dilakukan secara bertahap oleh PT. AIS. Tahap pertama, sebanyak 15 ton dan akan dilakukan secara kontinyu.

Direktur PT. AIS, Beni Santoso mengatakan bahwa permintaan ekspor bawang dari Taiwan sebanyak 1.000 ton di tahun 2020. Permintaan tersebut akan dipenuhi secara bertahap hingga Oktober 2020 yang akan datang.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto mengatakan, pemerintah akan terus mendorong petani untuk meningkatkan budidaya bawang putih. Untuk itu, pemerintah telah menganggarkan biaya pengembangan bawang putih di Indonesia.

"Ditahun 2021 sudah dianggarkan untuk membantu mengembangkan budidaya bawang putih. Diharapkan peningkatan produksi bisa dibarengi dengan kualitas yang bagus yang memiliki daya saing ekspor," kata Dirjen Hortikultura.

Sementara Bupati Brebes, Idza Priyanti menerangkan bahwa “Kini Brebes sudah mulai mengembangkan budi daya bawang putih. Ada beberapa percontohan di beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Sirampog dan Paguyangan". Papar Bupati.

Di Brebes bahkan sudah menginjak tahun ketiga mengembangkan tanaman bawang putih. (Utsm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar