Danramil Tegal Barat Ikuti Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka Tingkat Kwarcab Kota Tegal - RADARDESA

Jumat, 14 Agustus 2020

Danramil Tegal Barat Ikuti Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka Tingkat Kwarcab Kota Tegal

 

Tegal - Bertempat di Halaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Jl. Melati Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, Danramil 01/Tegal Barat Kapten Inf Bambang Kalisno mewakili Dandim 0712/Tegal mengikuti Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka dalam rangka Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 Tingkat Kwarcab Kota Tegal, Kamis malam (13/08)

 Pada Upacara tersebut, bertindak sebagai Pembina Upacara Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM, dan Komadan Upacara M. Sahrul Risky (SMAN 4 Kota Tegal).

Dalam sambutanya Walikota Tegal menyampaikan, Renungan suci dan ulang janji pramuka ini mempunyai makna yang mendalam, bukan hanya seremonial maupun formalitas semata, namun kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk diambil maknanya bagi kita semua seluruh anggota gerakan pramuka Kota Tegal. Apalagi kegiatan ini kita lakukan di hadapan para pahlawan yang telah berkorban jiwa raganya untuk kemerdekaan republik indonesia.

“Renungan yang bisa kita rasakan bersama pada malam hari ini kita ingin terus kobarkan semangat juang para pahlawan melalui karya dan pembangunan untuk Kota Tegal ini. Sebagai anggota pramuka mari kita luruskan arah kehidupan kita ke arah satya dan menjalankan kesepuluh dharma pramuka dengan sungguh - sungguh agar hidup menjadi bermakna bukan saja pada diri sendiri tetapi juga untuk orang lain”, ajaknya.

“Seluruh anggota pramuka yang hadir di tempat ini, saya minta peganglah bendera sang saka merah putih di dada sebelah kiri atau letak jantung. Gerakan ini merupakan tindakan yang menyimbolkan harapan, bahwa agar nilai-nilai janji yang  diucap meresap hingga ke jantung setiap anggota pramuka”, ungkapnya.

“Adik-adik peserta renungan suci yang berbahagia, Saya ketua majelis pembimbing cabang gerakan pramuka Kota Tegal mengucapkan terima kasih kepada para penggalang, penegak, pandega dan dewasa utusan dari masing - masing kwarran  gerakan pramuka se-Kota Tegal dan kwarcab gerakan pramuka Kota Tegal yang telah bekerja keras serta pengabdian dan pengorbanan nya”, ujarnya.

Dalam masa pandemi cocid 19, Walikota berpesan agar tetap disiplin jaga protokol kesehatan. Selaras dengan tema hari pramuka ke-59 tahun 2020 ini, yang terkait erat dengan pandemi covid-19, “peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara”.

“Kepada adik-adik anggota muda gerakan pramuka, mari kita rayakan hari pramuka besok pagi meski dalam suasana pandemi namun dengan tidak meninggalkan suka cita dan riang gembira sebagai watak pramuka,  kobarkan selalu semangat kepramukaan, ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai serta selalulah siap sedia membantu sesama. Amalkan selalu tri satya dan dasa darma dimana saja berada. Satyaku ku darmakan - darmaku ku baktikan”, pungkasnya. (ats)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar