Hankam

Hankam

Kodim Tegal Gelar Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat

 

 

Tegal – Kodim 0712/Tegal gelar sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat yang diikuti oleh anggota Prajurit dan PNS Kodim 0712/Tegal, Hipakad, FKPPI dan PPM Kota dan Kabupaten Tegal, bertempat di lapangan Tenis Indoor Kodim 0712/Tegal, Senin (10/08)

Dalam sambutanya Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P, menyampaikan bahwa Komponen Cadangan (Komcad) adalah suatu organisasi atau kumpulan masyarakat yang bisa di mobilisasi jika Negara membutuhkan untuk mempertahankan kedaulatan Negara.

“Negara kita menganut Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), dalam mempertahankan kedaulatan ada 3 komponen yaitu komponen inti adalah TNI, yang kedua adalah komponen cadangan ialah mereka organaisasi atau kumpulan masyarakat yang bisa dimobilisasi, dan yang ke tiga adalah komponen utama yang terdiri dari seluruh warga negara tanpa terkecuali”, jelasnya.

“Untuk dapat di mobilisasi, Komcad terlebih dahulu akan diberikan pelatihan setelah direkrut melalui seleksi baik administrasi maupun kompetensi”, ungkapnya.

“Komponen cadangan bukan merupakan wajib militer karena mereka mendaftar secara sukarela tanpa paksaan”, tegasnya. (ats)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodim Tegal Gelar Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat"

Posting Komentar