Praka Anumerta Wiharto Dikunjungi Paman Saat Ziarah Rombongan di TMP Kusuma Tama Brebes - RADARDESA

Senin, 31 Agustus 2020

Praka Anumerta Wiharto Dikunjungi Paman Saat Ziarah Rombongan di TMP Kusuma Tama Brebes

Brebes, Radardesa.com – Praka Anumerta Wiharto, adalah salah satu pejuang yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Tampak Danramil 16 Larangan, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Suwardi, tilik keponakannya ini (Praka Anumerta Wiharto), saat keluarga besar Kodim 0713 Brebes, yang dipimpin Dandim, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, melaksanakan ziarah rombongan memperingati HUT Korem 071 Wijayakusuma ke-59 tahun 2020. Senin (31/8/2020).

Praka Anumerta Wiharto, adalah prajurit Komando dari Grup 2 Sandi Yudha, Batalyon 22 Manggala Yudha, Kartasura, asal Desa Sigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, yang meninggal tahun 2002 silam, saat operasi pemulihan keamanan di NAD (Nangroe Aceh Darussalam),” ujarnya.

Suwardi menjelaskan lanjut, keponakannya itu gugur tenggelam di perairan  Aceh karena paha kanannya terkena tembakan saat penghadangan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

“Dari satu tim keponakan saya yang berjumlah 3 orang, hanya keponakan saya yang gugur karena kehabisan darah dan kesulitan berenang setelah pahanya tertembak,” tandasnya.

Ditambahkannya, Negara dan TNI memberikan penghargaan Praka, yaitu satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula saat meninggal, yaitu Pratu.

“Atas jasanya, keponakan saya ini dimakamkan melalui upacara militer di TMP Kusuma Tama Brebes,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, menjelaskan bahwa ziarah rombongan juga untuk memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan bangsa, wahana untuk mempertebal nilai-nilai kejuangan dan kecintaan generasi sekarang terhadap NKRI, meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan.

Untuk diketahui, Praka Anumerta Wiharto menjadi pejuang terbaru yang dimakamkan di TMP Kusuma Tama Brebes, yang saat ini terdapat 69 pusara, gabungan dari pahlawan dan pejuang. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar