Kodim Tegal Menggelar Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M - RADARDESA

Senin, 31 Agustus 2020

Kodim Tegal Menggelar Pengajian Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M

 

Tegal – Kodim 0712/Tegal memperingati Tahun baru Islam 1442H/2020M dengan menggelar pengajian yang diikuti oleh perwakilan Anggota Kodim 0712/Tegal beserta Satdisjan baik TNI maupun PNS, bertempat di Masjid Jenderal Soedirman, Senin, (31/8)

Dengan mengangkat tema "Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1442H/2020M Kita Tingkatkan Sinegritas TNI Bersama Seluruh Komponen Bangsa Menuju Tatanan Kehidupan Baru", diharapkan menjadi landasan kehidupan baru dan semangat baru dalam menjalankan tugas sehari hari sehingga akan lebih baik dalam bekerja.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pergantian tahun baru islam 1442 H merupakan momen yang penting untuk melakukan kontemplasi atau renungan akan pentingnya hakikat waktu dalam kehidupan, islam telah mengajarkan kepada kita untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya.

“Saya mengajak kepada hadirin untuk senantiasa meneladani sifat sifat Nabi Muhammad SAW dan melakukan evaluasi serta introspeksi terhadap segala amaliyah yang telah dilakukan selama ini, baik dalam kapasitas sebagai Prajurit maupun PNS”, ajaknya.

Dandim menambhakan, ada beberapa makna penting dalam peringatan tahun baru hijriah. Pertama, hijrah mengingatkan umat pada sikap istiqamah atau teguh pendirian Nabi Muhammad SAW. Kedua, hijrah cermin kecerdasan pemikiran Nabi Muhammad saw. Ketiga, hijrah bermakna berpindah dari keadaan yang tidak atau kurang baik, ke keadaan yang lebih baik.

“Mari peringati tahun baru islam dengan penuh syukur. Manfaatkan kehadirannya untuk terus berusaha hijrah menjadi manusia, bangsa dan umat yang lebih baik. Mari hijrah dari berbagai keterpurukan akibat dampak wabah covid-19, ke perbaikan yang telah dirancang untuk dilaksanakan bersama-sama”, ujarnya.

“Semoga cita-cita Indonesia maju segera terwujud, dengan kondisi Bangsa Indonesia sekarang ini yang masih bergelut dengan wabah pandemi covid-19. Karena itu, agar sebagai pribadi dan keluarga tidak tertular virus corona yang masih terus mewabah, maka peringatan Tahun Baru Hijriah harus dijadikan momentum bagi kita semua untuk hijrah dari wabah covid -19”, pungkasnya.

Pada kesempatan itu pembicara Ust. Latif menyampaikan beberapa hal diantaranya pada perkumpulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yang berupa majelis taklim pasti ada doa yang dikabul, oleh karenanya seringlah menghadiri pengajian agar hajat baik di kabul oleh Allah SWT.

Hal lain yang disampaikan yaitu dalam bekerja dihindarkan dari sifat malas. “Dalam kehidupan sehari hari supaya selalu mengingat 5 hal sebelum datang 5 perkara agar tidak menyesal nanti di aherat yakni Jagalah masa muda sebelum tua, hidup sebelum mati,  sehat sebelum sakit,  kaya sebelum miskin, luang sebelum sempit”, ungkapnya. (ats)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar