Hankam

Hankam

Dandim Brebes Ikuti Upacara Bendera dan Virtual HUT RI Ke-75

 

Brebes, Radardesa.com - Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-75 yang digelar Pemerintah Kabupaten Brebes berlangsung semangat dengan menerapkan protokol kesehatan. Upacara yang digelar di alun-alun Brebes tersebut dengan peserta dan undangan yang terbatas, Senin (17/08/2020).

Peserta dan undangan yang merupakan perwakilan dari berbagai unsur, hadir terbatas dan diwajibkan mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Bukan hanya peserta dan undangan yang terbatas, pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang biasanya menggunakan formasi kelompok 17, kelompok 8 dan pasukan 45 pun diringkas hanya ada pembawa dan pengibar bendera.

Hadir dalam upacara Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan, kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, S.IK., M.HP dan Forkopimda lainnya.

Bupati Brebes H. Idza Priyanti, SE,. MH. selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di awal sambutan, Ganjar menceritakan kisah inspiratif yang dialami Mbah Padmo Darsono. Kisah itu, didapatkan Ganjar ketika berkunjung ke Dusun Girpasang Kemalang, Kabupaten Klaten yang terletak di lereng Merapi.

Menurut Ganjar untuk sampai di dusun tersebut, dia harus berjalan kaki naik turun bukit, serta menapaki seribu lebih anak tangga yang sangat melelahkan. Namun demikian, lelahnya seolah hilang ketika bertemu dengan Mbah Padmo Darsono yang usianya 70 tahunan namun masih penuh semangat dan enerjik.

Dalam pertemuan itu, Mbah Padmo menyampaikan bahwa “Urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni, ojo sambat lan ojo ngeluh, ojo mandeg senajan dengkul wis ndregdeg,”. Kata kata itu lah yang harus dipedomani seluruh Warga Jawa Tengah.

Dalam artian, di usia negara yang ke-75 tahun ini spirit jangan mengeluh seperti apa yang disampaikan Mbah Padmo harus dapat kita tanamkan di dada. Seberat apapun yang kita hadapi, termasuk kondisi ditengah pandemi seperti sekarang ini harus kita hadapi.

“Kita harus bisa bercermin dari Mbah Padmo meski berada di dusun terpencil, usia sudah cukup tua namun masih tetap memiliki pemikiran yang luar biasa,” ujar Ganjar.

Usai Upacara di Alun-alun. Bupati beserta Forkopimda serta undangan selanjutnya bergeser ke Gedung DPRD guna mengikuti Upacara Kenegaraan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual.

“Mari kita isi Kemerdekaan ini dengan pembangunan agar Indonesia semakin maju dan seluruh masyarakatnya makin sejahtera,” ucap Idza usai mengikuti upacara virtual.

Idza Juga berharap wabah Covid 19 dapat segera berakhir agar kehidupan dapat dijalani dengan normal serta tenang. (Dinkominfotik/Pendim0713)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Brebes Ikuti Upacara Bendera dan Virtual HUT RI Ke-75"

Posting Komentar