Fasilitasi Pelatihan, TNI-Polri dan Pemkot Tegal Gelorakan Gerakan Perempuan Kota Tegal Peduli. - RADARDESA

Senin, 24 Agustus 2020

Fasilitasi Pelatihan, TNI-Polri dan Pemkot Tegal Gelorakan Gerakan Perempuan Kota Tegal Peduli.

 

Tegal - Gerakan perempuan kota Tegal peduli mulai digelorakan tiga pilar, TNI-Polri dan pemerintah kota Tegal untuk meningkatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi covid 19, salah satunya dengan memberikan pelatihan keterampilan membuat sapu sorgum dan sarung goyor kepada sekitar 79 perempuan khususnya ibu-ibu di rusunawa kota Tegal.

“Kegiatan gerakan perempuan kota Tegal peduli. peduli di sini yakin peduli semua aspek yang terkait dengan masalah sosial”. ujar Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo didampingin komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan pandapotan Siregar, S.I.P, Minggu (23/08/2020) siang.

Jadi, Kata Rita, semua aspek kita gelorakan di sini. ada perempuan peduli kesehatan, peduli ekonomi, peduli anak, peduli covid dan peduli hukum.

Semua hal dari berbagai aspek yang berkaitan dengan permasalahan sosial dan efek dari pandemi covid, kita gelorakan agar perempuan kota Tegal semakin peduli,” Kata Rita

Rita berharap dengan upaya kepedulian dari perempuan dan juga dari sinergitas tiga pilar, TNI-Polri dan Pemkot Tegal. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat efek dari pandemi covid 19 bisa teratasi dengan baik.

“Pelatihan setiap hari akan dilangsungkan. Pertama pembuat dua produk sapu sorgum dan kerajinan tenun sarung goyor dimana keduanya ciri khas kota Tegal,” kata Rita.

Selain diberi pelatihan oleh ahlinya dari pelaku usaha, hasil produksi para penghuni Rusunawa yang dilatih juga akan dipasarkan.

“ Dua produk ini sudah jelas menjadi komoditas ekspor. seperti sapu sorgum akan diekspor ke Jepang dan sarung goyor akan diekspor ke Turki. jadi tidak hanya diberikan Knowledge tapi juga memberikan manfaat untuk menambah perekonomian keluarga,”  ungkapnya.

kegiatan serupa, imbuh Rita, Nantinya juga akan digelorakan ke warga lain,  khususnya masyarakat bawah yang terdampak pandemi.

Perempuan, menurut Rita, memiliki peran yang sangat besar dalam keluarga.

“Peran perempuan luar bisa sekali. Perempuan harus bersatu membentuk sebuah lingkaran. Ketika perempuan sudah bersatu bisa menjadi kekuatan yang tidak tergoyahkan,” tandasnya.

Sementara Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P dalam kesempatan yang sama menjelaskan pihaknya sangat mengaspirasi atas upaya yang diinisiasi tiga pilar dalam Gerakan perempuan kota Tegal Peduli.

“Peduli perempuan harus mengembang kita akan peduli dan membangkitkan seluruh Lini dalam rangka mendorong, mencerdaskan dan untuk kemajuan kota Tegal,” ujarnya

Nantinya, lanjut Siregar, barang hasil produksi lokal harus diangkat bersama-sama.

“ Produk lokal harus kita angkat sederhana saja, misalkan koperasi dan instansi bisa memberikan dorongan dengan menjajakan produk unggulan. bisa dipasarkan mungkin sebagai oleh-oleh tamu atau kerabat di lingkungan kita,” tutupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar