Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 Tingkat Wilayah Eks Karesidenan Pekalongan

 


Tegal - Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024 jajaran Korem 071/Wijayakusuma tingkat wilayah Eks Karesidenan Pekalongan, Kodim 0712/Tegal Korem 071/Wijayakusuma menggelar apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 secara terpusat, dengan pimpinan Apel Danrindam IV/Dip Kol Inf Ahmad Hadi Al Jufri, bertempat di Lapangan Pemkab. Tegal Jl. Dr Soetomo No 1 Slawi, Kec. Slawi, Kab. Tegal. Rabu (17/1/2024)

Apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 ini dilaksanakan secara serentak di jajaran Kodam IV/Diponegoro termasuk di wilayah Kodim 0712/Tegal Korem 071/Wijayakusuma. Apel gelar bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan aparat gabungan dalam usaha untuk menjaga Kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman pada saat pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Dalam apel gabungan tersebut diikuti oleh satuan-satuan yang berada di eks karesidenan Pekalongan, antara lain Brigif-4/DR, Subdenpom Tegal, Kodim 0710/Pkl, Kodim 0711/Pml, Kodim 0712/Tgl, Kodim 0713/Bbs, Kodim 0736/Btg, Yonif 407/PK, Lanal Tegal, Satradar 214 Tegal, Yon Brimob Pkl, Polres Tegal Kota, Polres Tegal, Satpol-PP dan Linmas.

Dalam amanatnya pimpinan apel Danrindam IV/Dip Kol Inf Ahmad Hadi Al Jufri membacakan amanat dari Pangdam IV/Dip Mayor Jenderal TNI Tandyo Budi R., S.Sos. mengatakan bahwa Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 diselenggarakan dengan tujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan dan perlengkapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu yang saat ini sedang berlangsung rangkaian tahapannya.

Kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tentunya memiliki potensi konflik yang tinggi dan kompleks. Untuk itu, guna menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi rakyat tersebut, kita dituntut  untuk mampu bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah.

Kita tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa”, ucap pimpinan apel.

Selanjutnya, kita semua harus berpegang teguh pada integritas dan komitmen netralitas TNI. Netralitas adalah komitmen kita untuk tidak berpolitik praktis dengan mendukung salah satu calon yang saat ini sedang berkontestasi dan hal tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi karena menjadi kunci kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI.

Apel kesiapsiagaan pengamanan pemilu 2024 digelar secara serentak dengan melibatkan satuan dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri dan Linmas dilaksanakan 8 titik lokasi diwilayah Provinsi Jateng dan Provinsi DIY dengan jumlah total 5.610 personel, selanjutnya gelar pasukan siaga 1 peleton akan disiagakan di masing masing Kodim serta di wilayah Korem akan disiapkan 1 SSK satuan Batalyon yang standby di satuan masing – masing.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa perhatian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro. Kuatkan dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pondasi utama dalam bertugas agar kita senantiasa diberikan keselamatan dan keberkahan, Pegang teguh Netralitas TNI selama berlangsungnya proses Pemilu dan jangan mudah terprovokasi dan terpancing emosi sehingga terjadi pelanggaran yang dapat merusak citra TNI di mata masyarakat, kita semua harus sanggup menahan diri, Tunjukkan bahwa TNI manunggal dengan Rakyat melalui kegiatan Bakti Sosial dan senantiasa hadir untuk membantu mengatasi kesulitan Rakyat, Gaungkan terus “Pemilu Damai” agar tetap terpelihara keutuhan dan kerukunan Bangsa dan “Pahami Tugas” agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dan dijalankan dengan baik, benar dan lancar.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melindungi kita sekalian dalam melaksanakan tugas pengabdian mulia demi kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama”, pungkas Danrindam. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 Tingkat Wilayah Eks Karesidenan Pekalongan"

Posting Komentar