Danramil hadiri Kunjungan Gubernur Jateng di Wilayah Dermasuci Kecamatan Pangkah - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 08 Januari 2020

Danramil hadiri Kunjungan Gubernur Jateng di Wilayah Dermasuci Kecamatan Pangkah

Pangkah – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kunjungi Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal dalam rangka peninjauan pemasangan Early Warning System (EWS) untuk antisipasi bencana tanah longsor yang bersumber dari dana APBD Provinsi Tahun 2019, Selasa siang (07/01)

Desa Dermasuci secara geologi termasuk daerah formasi rambatan, maraknya pembukaan lahan untuk perkebunan mengakibatkan tanah gundul dan tandus sehingga rawan tanah longsor di sebagian pemukiman. 1 unit EWS longsor terdiri dari 3 Ekstensometer dan 1 Rain Gauge (Pengukur Curah Hujan) ditempatkan di Dukuh Duren, Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah.
Selain Bupati Tegal Umi Azizah dan wakil Bupati Sabilillah Ardie, nampak juga hadir diantaranya Ketua Harian BPBD Jateng Sudaryono, Wakapolres Tegal Kompol Heru, Danramil Pangkah Kapten Inf Radiyono, Kades Dermasuci Mulyanto, Tim Pemasangan EWS dari UGM Nathan, Katim Satgas BPBD Desa Dermasuci Cipto, Camat Pangkah Drs Bambang serta Kapolsek Pangkah Kompol Edy.
Disampaikan oleh Tim Pemasangan EWS dari UGM bahwa alat ini akan berbunyi ketika bergerak sejauh 10 cm. Awal pemasangan bulan Agustus 2019 dan saat ini sudah bergeser sekitar 3 cm, alat tersebut juga menggunakan solar cell dan aki motor.
Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menyampaikan dengan adanya alat ini tinggal warga diberikan pelatihan evakuasi, apa yang perlu dilakukan ketika alarm dari alat tersebut berbunyi, “bawa barang/surat berharga seperti (ijazah dan sertifikat dll) dan saat ini juga jadikan 1 tempat. Sehingga ketika ada alarm langsung bawa kotak tersebut langsung lari ke daerah lapang untuk daerah evakuasi contohnya masjid”, jelasnya. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar