Hankam

Hankam

Babinsa Tegal Barat Hadiri Sosialisasi Dan Persiapan Launching Kampung Moderasi Beragama

 


Tegal – Babinsa Tegal Barat Kodim 0712 Tegal Serka Aswin menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Persiapan Launching Kampung Moderasi Beragama bertempat di Kantor MAKIN  Jl. Veteran Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal, yang diikuti lebih kurang 60 orang. Rabu (21/06/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ka. Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji, S.STP , M.Si, Kakemenag Kota Tegal H. Ahmad Muhdzir, S.Ag , M.M, Camat Tegal Barat diwakilkan oleh Sekcam Tegal Barat H. Zamroni, S.Ag, M.Si, Lurah Tegalsari dan Lurah Mintaragen, Ketua FKUB Kota Tegal, Perwakilan MUI Kota Tegal, Bhabinkamtibmas Kel. Tegalsari, Bhabinkamtibmas Kel. Mintaragen, Babinsa Kel. Tegalsari Serka M. Aswin dan Jajaran Tim Pokja  Kota Tegal.

Dalam acara tersebut Kakemenag Kota Tegal H. Ahmad Muhdzir, menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai kekayaan yang tidak dimiliki negara lain yakni kebhinekaan , Penguatan moderasi beragama adanya kampung moderasi beragama wilayah kecil menjadi contoh meskipun berbeda namun tetap guyup karena merupakan negara kesatuan, moderasi beragama menjadi modal sosial dalam Indonesia membangun bangsa, Implementasi yang kita gaungkan dan publis bahwa di Kota Tegal ada contoh meskipun plural namun masyarakatnya toleran sehingga aura positif akan menular wilayah lain, ungkapnya.

Sementara Camat Tegal Barat diwakilkan oleh Sekcam Tegal Barat Zamroni, S.Ag, M.Si mengatakan kampung moderasi beragama istilah yang menggambarkan suatu wilayah tertentu yang masyarakatnya terdiri dari perbedaan aspek agama dan budaya yang kemudian perbedaan itu diterima dan berlangsung tanpa adanya konflik dan gejolak. Bahwa di wilayah Tegal Sari dan mintaragen terdapat beberapa agama yang bisa hidup secara berdampingan, Tim Pokja kota Tegal akan memberikan penilaian kampung moderasi beragama, harapannya bersama sama oleh masyarakat sekitar mendukung program ini, jelasnya.

Babinsa Tegalsari Serka Aswin mengatakan bahwa dalam sosialisasi tersebut terdapatr usulan  usulan diantaranya, untuk memunculkan identitas kampung moderasi beragama bukan hanya benner namun adanya gapura sehingga menjadi ciri khas, aspek budaya kesenian agar tidak dilupakan, Ketua RW meminta data penduduk yang otentik, pada pemasangan Layout bennernya harus menggambarkan tempat agama dan identitas busana keagamaan masing masing, ungkapnya. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Tegal Barat Hadiri Sosialisasi Dan Persiapan Launching Kampung Moderasi Beragama"

Posting Komentar