Hankam

Hankam

Program TMMD Kodim 0712 Tegal Ikut Mempercepat Penurunan Stunting

 


Tegal - Penyuluhan Stunting yang digelar Kodim 0712/Tegal bersama Dinas Kesehatan Kota Tegal tersebut berlangsung di Kel. Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal, pada Senin (05/06/2023).

Acara Penyuluhan stunting ini merupakan program Non fisik yang dilaksanakan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahun 2023 Kodim 0712/Tegal, yang diikuti oleh 55 orang. Hadir pada kegiatan tersebut Pasi Ter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Sokib S, Kepala P2 PA KB Kota Tegal M Afin,SIP, Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Erma Herawan, Masyarakat Kel. Mintaragen, Ibu ibu PKK Kel. Mintaragen.

Kapten Inf Shokib Setyadi, Ws. Pasiter  Kodim 0712/Tegal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait serta warga setempat yang telah bekerja sama melaksanakan penyuluhan Stunting pada warga binaannya.

"TMMD merupakan suatu wujud nyata  Bhakti TNI dan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan Lembaga pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah" ungkapnya

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, Moh Afin mengatakan, angka stunting di Kota Tegal memperlihatkan penurunan yang bagus, dari 23,9 persen menjadi 16,8 persen.

Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Erma Herawan, menilai, angka stunting di Kota Tegal memperlihatkan penurunan yang bagus, dari 23,9 persen menjadi 16,8 persen keberhasilan tersebut karena adanya sinergitas yang baik antara pemerintah kota dan semua elemen masyarakat.

menyampaikan Stunting adalah kondisi gagal tumbuh, dimana tumbuh kembang pada anak-anak terhambat, Stunting juga beresiko pada keluarga yang memiliki remaja putri, Ibu hamil, ibu menyusui dan anak balita.

Lanjut ia katakan Penyebab Stunting ada dua faktor, langsung dan tidak langsung. faktor langsung yaitu kekurangan Gizi dalam jangka waktu yang lama dan terjangkit infeksi sedangkan faktor tidak langsung meliputi pola asuh, pengetahuan Gizi pengasuh, sanitasi lingkungan dan kondisi ekonomi sosial keluarga. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program TMMD Kodim 0712 Tegal Ikut Mempercepat Penurunan Stunting"

Posting Komentar