Hankam

Hankam

Kasdim Tegal Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-51 Tingkat Kota Tegal Tahun 2023

 


Tegal – Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi Sardjono menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke-51 Tingkat Kota Tegal dengan tema Solutions To Plastic Pollution bertempat di Alun-alun Kota Tegal Kel. Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal yang diikuti lebih kurang 150 orang. Senin (05/06/2023)

Hadir dalam kegiatan antara lain Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE, MM, Danlanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla, Kasdim 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi Sardjono, Wakapolres Tegal Kota Kompol Wibowo Saputra, S.Pd, S.IK mewakili Kapolres, Pj. Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, MM, Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Kota Tegal Mohamad Jamil, S.Ag, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal Dra. Nany Lestari, MM, Staf Ahli, Asisten dan kepala OPD di lingkungan Pemkot Tegal dan Kepala Sekolah se-Kota Tegal.

Kegiatan diawali dengan penanaman pohon oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M. diikuti oleh forkopimda,tujuan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dengan tema Solutions to Plastic Pollution (solusi kurangi polusi sampah plastik untuk bumi yang lebih hijau), menjadi momen penting untuk mempromosikan gaya hidup sirkular di dalam masyarakat, terutama mengenai sampah plastik yang marak dihasilkan.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Tegal, diadakan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Kota Tegal, Pemilihan Kader Adiwiyata Tergiat Tahun 2023 yang diikuti oleh sekolah-sekolah yang sudah mendapat predikat adiwiyata baik itu Kota, Provinsi ataupun Nasional. Selain itu ada Penilaian Kinerja Pengelolaan Sampah di TPST, TPS3R dan Bank Sampah, Lomba Kebersihan Lingkungan di beberapa OPD, Sosialisasi Pengolahan Kompos di TPST Kota Tegal. Kemudian pada tanggal 4 Juni 2023 bersama komunitas sepeda onthel melakukan gerakan bersepeda dan bersih-bersih sampah di Alun-alun Kota Tegal dan juga diadakan tukar sampah plastik dengan bibit tanaman dengan jumlah bibit 200 pohon.

Dalam Sambutan Menteri Lingkungan Hidup RI Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc yang dibacakan oleh Walikota Tegal menyampaikan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diselenggarakan setiap tanggal 5 Juni dimulai ketika Majelis Umum PBB tahun 1972 menetapkan 5 Juni sebagai hari lingkungan hidup sedunia pada saat konferensi stockholm, program lingkungan PBB telah mengumumkan Pantai Gading yang menjadi tuan rumah hari lingkungan hidup sedunia 2023 dengan tema solusi untuk polusi plastik (solutions to plastic pollution). Polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia.

Mari kita hidupkan kembali dan tanamkan pengetahuan dan pendekatan modern inovatif menuju negara yang lebih bersih, hijau dan bebas plastik, sebagai bagian dari perayaan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023, mari kita lakukan pembersihan plastik di pantai-pantai, kawasan konservasi, bantaran sungai, tempat-tempat umum dan banyak lagi, sehingga dapat memperkuat budaya kehidupan berkelanjutan kita, mari kita terus menjaga keseimbangan manusia dan alam, ucapnya. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasdim Tegal Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-51 Tingkat Kota Tegal Tahun 2023 "

Posting Komentar