Hankam

Hankam

Dandim Tegal Ikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Tingkat Kota Tegal

 


Tegal – Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Charlie C.L. Sondakh, S.E. mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tingkat Kota Tegal bertemakan Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, dengan Inspektur Upacara Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M, Perwira Upacara Kapolsek Tegal Timur Kompol Suratman, S.H, M.H, Komandan Upacara Ps. Kasi Humas Polres Tegal Kota Ipda Joko Waluyo dan diikuti lebih kurang 300 orang bertempat di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Tegal Jl. Ki Gede Sebayu Kel. Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Kamis (01/06/2023)

Hadir dalam kegiatan diantaranya Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Sondakh, S.E, Danlanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla, Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, S.H, S.I.K, M.Si, Pj. Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M, Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal Muhammad Buchary Kurniata Tampubolon, S.H, M.H, Kajari Kota Tegal Nur Elina Sari, S.H, M.H, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Pejabat Struktural/Fungsional di lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal.

Susunan pasukan upacara terdiri dari Drumband SUPM Al-Ma’arif Kota Tegal, Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal, Polres Tegal Kota, Korpri Kota Tegal, PGRI Kota Tegal, Pemuda Pancasila Kota Tegal, Banser Kota Tegal, Senkom Mitra Polri Kota Tegal, FKPPI Kota Tegal, RAPI Kota Tegal, KNPI Kota Tegal, Pramuka Kwarcab Kota Tegal, Perwakilan Perguruan Tinggi di Kota Tegal, Siswa-Siswi SMA/SMK di Kota Tegal, Siswa-Siswi SMP/MTs di Kota Tegal dan Siwa-Siswi SD di Kota Tegal.

Pada upacara peringatan hari lahir pancasila 1 Juni Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, S.E, M.M selaku inspektur upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila mengandung nilai - nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia, pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun Bangsa dan Negara yang lebih baik, Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika. Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari – hari.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan, ucapnya.

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang, katanya. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim Tegal Ikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Tingkat Kota Tegal"

Posting Komentar