Kades Jejeg Bersama Satgas Gugus Pencegahan Covid 19 Aktif Edukasi Warga - RADARDESA

Senin, 20 April 2020

Kades Jejeg Bersama Satgas Gugus Pencegahan Covid 19 Aktif Edukasi Warga


Slawi. Radardesa.com - Kepala Desa Jejeg Kec Bumijawa Kab Tegal Saeful Amin mengatakan, pihaknya bersama unsur lembaga desa yang tergabung dalam Satgas Gugus pencegahan dan penyebaran virus corona telah melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah, masjid, mushola, pos penjagaan desa serta fasilitas umum di wilayah umum lainnya. Kegiatan penyemprotan juga di barengi dengan penyampaian edukasi tentang pentingnya mengantisipasi penularan virus corona, ujar Kades Saeful Senin (20/4/2020) di Kantor Kepala Desa Jejeg.

Menurutnya, langkah ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap penularan virus yang sedang mewabah. Selain menyemprotkan disinfektan, pihaknya juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus corona. Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan. "Kami siapkan 3 Posko untuk melakukan pengecekan kepada warga, terutama bagi para pemudik yang baru datang" ujar Saeful

Dikatakannya, pemerintah desa bersama Bhabinkamtibmas juga sudah hadir ditengah masyarakat dengan menggunakan pengeras suara untuk menyampaikan arahan dari Bupati Tegal, Hj. Umi Azisah supaya bersama-sama menjaga lingkungan sesuai SOP pencegahan covid-19. Pemdes Jejeg juga sangat tanggap terhadap para pendatang baru atau warganya yang datang dari luar daerah. Setiap warga baru yang datang didata dan wajib lapor pada RW/RT setempat.

“Kami tanggap dan merespon terhadap warga yang datang dari luar daerah. Mereka langsung berkoordinasi dengan bidan desa. Kemudian bidan desa mendatangi rumah warga yang punya riwayat perjalanan luar daerah guna dilakukan observasi. Sekaligus meminta untuk mengkarantina diri dirumah masing-masing selama 14 hari. Himbauan juga disampaikan kepada masyarakat bila melihat ada warga pendatang baru atau warga yang baru  pulang dari luar daerah untuk melapor kepada RT/RW setempat. "Kami juga sudah mendapat laporan terkait kedatangan sejumlah warga perantauan yang kembali ke desa Jejeg" tuturnya.

Saeful menambahkan, hingga saat ini warganya belum ada yang berstatus ODP, PDP maupun positif vovid 19. Pemdes bersama Satgas Gugus Pencegahan dan penyebaran virus corona juga aktif memberi himbauan pada warga. Baik secara langsung maupun lewat selebaran yang dipasang ditempat umum, tempat peribadatan, warung dan kios. ( Siti Aminah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar