Kodim Tegal Gelar Latihan Perorangan Dasar Teritorial Guna Meningkatkan Kwalitas Dan Kemampuan Pada Tiap Prajurit Satuan Teritorial - RADARDESA

Senin, 25 Januari 2021

Kodim Tegal Gelar Latihan Perorangan Dasar Teritorial Guna Meningkatkan Kwalitas Dan Kemampuan Pada Tiap Prajurit Satuan Teritorial

 


Tegal - Memasuki TA. 2021, Kodim 0712/Tegal melaksanakan Latihan Perorangan Dasar Teritorial atau Latorsar Teritorial bertempat di Indoor Lapangan Tenis Makodim 0712/Tegal, Senin (25/01/21).

Program Latihan Dasar Perorangan Prajurit TNI Angkatan Darat, khususnya yang bertugas di Satuan wilayah harus menguasai lima kemampuan teritorial.

Kemampuan teritorial yang harus dikuasai tersebut diantaranya deteksi dini dan cegah dini, yakni setiap prajurit Satkorwil harus mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan melakukan deteksi dini sebelum suatu kejadian muncul serta mengupayakan pencegahan.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P melalui Plh. Kasdim Kapten Arh Asep Koswara menyampaikan, "Bahwa kegiatan ini untuk menunjang kemampuan para Prajurit, yang diharapkan nantinya materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek, dalam pengetahuan dan keterampilan dasar Satkowil ini bisa diterima dengan baik oleh para Prajurit."

 "Latorsar Teritorial yang kita laksanakan ini tidak hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapai tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kwalitas dan kemampuan pada tiap Prajurit di Satuan Teritorial," jelasnya.

Setiap prajurit satkowil juga harus mampu melakukan penguasaan wilayah, terutama para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam melaksanakan tugasnya, dengan harapan dapat membantu penyelesaiannya.

 “Kemudian manajemen teritorial, selain pelaksanaan di lapangan dia juga harus mampu memenej kegiatan-kegiatan mereka selama bertugas di wilayahnya, dibinaannya, kemudian ada komunikasi sosial, setiap prajurit di satkorwil terutama di jajaran Kodim harus mampu melaksanakan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat, bukan hanya sesama TNI tetapi juga dengan masyarakat, dengan ormas-ormas, termasuk juga dengan keluarga bersar TNI,” beber Kasdim (Pendimtegal/Nrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar