Hankam

Hankam

Semangat Gotong - Royong Sekabehane Cegah Stunting, Danramil 01 Tegal Barat Kodim 0712 Tegal Hadiri Launcing Sego Seceting Ke 3

 


Tegal – Sekda Kota Tegal, Ibu Walikota Tegal, Danramil 01/Tegal Barat Kapten Czi Suharto Bersama Babinsa serta Kadinkes Kota Tegal, Camat Tegal Barat, Lurah Tegalsari mengikuti Kegiatan Launching Sego Seceting ke 3 Semangat Gotong-Royong Sekabehane Cegah Stunting Dengan Tema ”Bebarengan Menuju Tegalsari Cegah Stunting” bertempat di Pendopo Kelurahan Tegalsari  Jl. Sepat No. 02 Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal  yang dihadiri lk 100 orang, Selasa (04/07/2023)

Dalam rangka percepatan pencegahan dan penurunan angka stunting, Pemkot Tegal melalui melalui Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, mengadakan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK), Ka Dinkes Kota Tegal, DR. dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK., M.M., M.H. mengatakan, Pemerintah memandang masalah Stunting menjadi musuh bersama.

“ Harapan kami, angka stunting di Kecamatan Tegal Selatan dapat menurun, sehingga tidak ada lagi anak yang lahir dalam kategori stunting” ujar Sekertaris Camat Tegal Barat.

Menurut dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK., M.M., M.H dalam paparannya tentang “Catin Sehat Cegah Stunting” Stunting tidak hanya dapat dicegah pada masa kehamilan saja, tapi sejak pernikahan. Oleh karena itu, sebelum pelaksanaan pernikahan, Catin ( Calon Pengantin) di seharusnya dapat melaksanakan pengecekan kesehatan terlebih dahulu.

“Tujuan adanya pemeriksaan kesehatan bagi para cantin agar kita mengetahui kondisi kesehatan catin dan persiapannya untuk menjadi orang tua yang sehat, dan kedepannya dapat menjadi ibu yang cukup nutrisinya sehingga bayi yang lahir  terhindar dari stunting” jelas dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK., M.M., M.H.

dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK., M.M., M.H menyampaikan bahwa secara garis besar stunting disebabkan oleh 4 faktor yaitu,  Kurang pengetahuan tentang kesehatan dan gizi sebelum dan selama masa kehamilan , Masih banyaknya ibu hamil yang belum mengkonsumsi Suplemen Zat Besi yang memadai, Kurang nya akses ke makanan bergizi dibuktikan dengan masih banyaknya Ibu hamil yang terkena Anemia, Kurangnya ke akses air bersih dan sanitasi hal ini dapat dilihat dnegan 1 dari 3 rumah tangga belum memiliki akses ke air minum bersih.

“Kurangnya asupan gizi yang diterima janin/bayi dalam kandungan pada masa awal anak lahir dapat menyebabkan stunting, stunting sendiri baru nampak setelah anak berusia 2 tahun. Sehingga penting untuk memberikan makanan yang bergizi seimbang di masa kehamilan sampai dengan anak usia 2 tahun.” jelas dr. Sri Primawati Indraswari, Sp. KK., M.M., M.H (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semangat Gotong - Royong Sekabehane Cegah Stunting, Danramil 01 Tegal Barat Kodim 0712 Tegal Hadiri Launcing Sego Seceting Ke 3"

Posting Komentar