Untuk Meningkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim Pemalang Gelar Apel Danramil Babinsa Tersebar TA. 2019 - RADARDESA

Senin, 09 Desember 2019

Untuk Meningkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim Pemalang Gelar Apel Danramil Babinsa Tersebar TA. 2019


Pemalang -  Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, membuka secara resmi  kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar TA. 2019 , bertempat di Aula Makodim, Jl. Brigjen Katamso No 43 Pemalang, pada Senin (9/12/2019). yang dihadiri  Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu S.I.K., MH., Pj.  Sekda Kab. Pemalang Drs. Nugroho Budiraharjo,  M.M., Kasdim 0711/Pemalang Mayor Kav Hariyono, Jaksa fungsional kejaksaan negeri Fachrurozi,  SH,  Para Perwira Staf Kodim 0711/Pemalang dan diikuti oleh seluruh Danramil serta Babinsa jajaran Kodim 0711/Pemalang.
Sebelum di buka oleh Dandim,  seluruh peserta apel  yang terdiri dari Danramil dan Babinsa melaksanakan kegiatan Apel pagi dilanjutkan dengan lari Aerobic dan Senam pagi di Lapangan Makodim Pemalang. Kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar TA 2019 akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 9 s/d 11 Desember 2019,  dengan tema “Danramil dan Babinsa Profesional Kebanggaan Rakyat”
Dalam sambutannya Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han, menyampaikan  beberapa penekanan antara  lain dari Kepala Staf Angkatan, yaitu agar membuat Video singkat untuk sosmed dalam rangka merebut hati rakyat,  Hari Juang Kartika dirubah menjadi Hari Juang TNI AD  setiap 15 Desember, sedangkan Hari Ulang tahun TNI AD setiap 5 Oktober, agar dibuat kegiatan yang kreatif seperti bersepeda, off road, mancing, dan sebagainya, disusun yang unik untuk Angkatan Darat, sehingga tidak lupa dengan TNI,  Membina kesiapsiagaan satuan dan tidak mengganggu Satuan Bawah dengan tujuan agar dapat membangun satuannya,  anggota jaga kesehatan, laksanakan olahraga gembira dengan jalan kaki 1 jam tiap harinya, untuk Apel Danrem dan Dandim tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya bertujuan agar lebih terjalin silaturahmi, dan mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Selanjutnya Dandim juga menyampaikan penekanan dari  Kepala Staf Umum TNI,  yaitu semua kegiatan TNI memiliki payung hukum yaitu UU no 34 pasal 7, bentuk TNI AD ini sebagai Klub Sepak Bola dimana semua aparat  teritorial harus mampu merekrut masyarakat yang berkualitas untuk menjadi anggota TNI AD yang berkualitas (minimal Gagah dan Pintar), Pusat Teritorial Angkatan darat  harus mampu merumuskan dan menyusun modul secara komprehensif
tentang Binter, awal tahun 2020 akan diadakan Rapim TNI membahas akan membahas Evaluasi kegiatan tahun 2019,  Proyeksi kegiatan tahun anggaran 2020,  Penyampaian kebijakan P5 TNI termasuk di dalamnya bidang pembinaan teritorial, TNI akan terus membangun satuan baru yang terintegritas di Natuna, Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan peningkatan satuan-satuan baru, untuk Pilkada serentak tahun 2020 TNI diharapkan dewasa dalam berpolitik demi Indonesia Damai.
Dalam akhir sambutannnya Dandim juga menyampaikan penekanan dari Menteri Koordinator Politik,   Hukum dan Keamanan yaitu  Politik adalah negara artinya berpolitik adalah bernegara dan kemerdekaan merupakan salah satu tanda negara yang berdaulat sehingga kewajiban kita untuk menjaga negara. Lingstra Nasional meliputi  Intoleransi meningkat, Munculnya politik identitas, munculnya kesenjangan demokrasi. Hancurnya suatu kehidupan demokrasi diawali dari  Disorientasi, Distrust,  Disobidion, dan Disintegrasi. Tugas negara mengembalikan itu semua demi terwujudnya kehidupan demokrasi yang baik.  Isu sentral tentang penyelesaian dugaan pelanggaran HAM antara lain masih adanya kasus dugaan pelanggaran HAM masa lalu yang belum tuntas, dugaan pelanggaran HAM yang baru peristiwa 22 Mei 2019, HAM di Papua dan kasus Novel Baswedan,  akan diselesaikan melalui RUU KKR (Komisi Kebenaran dan Rekonsoliasi) semua itu agar  pelanggaran HAM tidak akan muncul lagi.
Kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar selanjutnya pemberian materi antara lain Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu,  S.I.K., MH., menyampaikan TNI  Membantu tugas Polri dalam pemeliharaan ketertiban masyarakat, dalam waktu dekat ini akan ada hari Natal, operasi lilin candi dan pengawalan Pilkada tahun depan.
“Sinergitas TNI - POLRI harga mati sampai akhir hayat karena kita mempunyai fungsi yang sama keamanan kita setiap waktu harus kuat untuk memberikan kenyamanan setiap kegiatan masyarakat untuk menjaga agenda agenda kedepannya”Tuturnya.
Dalam kesempatan yang sama Pj. Sekda Kab. Pemalang Drs. Nugroho Budi Raharjo,  M.M.,menyampaian materi kerjasama dengan Pemda/Instansi terkait mulai tingkat desa/kelurahan sampai dengan propinsi, masyarakat guna membantu Pemerintah daerah ikut serta dalam kegiatan wilayah binaanya terutama apabila ada bencana alam atau permasalahan lainya.
“Kami ucapkan terima kasih selama ini dalam kerjasamanya khusunya Babinsa Kodim 0711/Pemalang dengan pemerintah daerah  di Kab. Pemalang.” Ungkapnya
Jaksa fungsional Kejaksaan Negeri Pemalang  Fatchurozi,  SH., juga menyampaikan materi kemampuan menjaga dan mencegah pelanggaran hukum di  masyarakat dalam rangka pembinaan Satuan Komando Kewilayahan, permasalahan yang sering terjadi dimasyarakat misalnya kerukunan umat beragama, tindak pidana, asusila  dan ikut  pengawasan pengolahan dana pembangunan desa.
Kegiatan apel diakhir pemberian materi Sikap Teritorial oleh Danramil 02/Taman dan materi meningkatkan kemampuan Babinsa dan Danramil dalam berkomunikasi dengan masyarakat dan menghadapi media massa oleh Dan Unit Kodim 0711/Pemalang. Lettu Inf Nurma Firdous., (Pendim0711/Pemalang)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar