Doa dan Tahlil Warnai Ziarah Kubur Hari Jadi Ke 419 Kabupaten Tegal Tahun 2020 - RADARDESA

Jumat, 15 Mei 2020

Doa dan Tahlil Warnai Ziarah Kubur Hari Jadi Ke 419 Kabupaten Tegal Tahun 2020



Balapulang – Jelang peringatan hari jadi Kabupaten Tegal yang Ke-419 tahun 2020, jajaran Forkopimda Kabupaten Tegal melaksanakan Ziarah ke Makam-makam pendiri Tegal,yang dipimpin langsung oleh Bupati Tegal Dra.Hj.Umi Azizah, melaksanakan ziarah ke makam Ki Gede Sebayu yang dimakamkan di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal,Kamis (14/5). Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari,S.E.,M.M.,secara langsung ikut dalam rombongan tersebut.

Ziarah ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Kabupaten Tegal, yang dilaksanakan sebelum puncak peringatan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ditengah pandemik virus corona (covid-19), kemeriahan acara kelahiran Kabupaten Tegal dilaksanakan secara sederhana.

Menurut sejarah, Ki Gede Sebayu sebelumnya bertugas sebagai Juru Demung memberikan banyak kemajuan bagi masyarakat para petani sehingga dapat memanfaatkan alat-alat pertanian dengan adanya hasil kerajinan pandai besi.

Atas keberhasilannya dalam membangun Tegal maka pada tahun 1601 M atau 1523 Caka, Ingkang Sinuwun Kanjeng Panembahan Senopati Mataram mengangkat Ki Gede Sebayu sebagai Juru Demung (Penguasa Lokal di Tlatah Tegal) dengan pangkat Tumenggung setingkat Bupati.

Setelah berziarah ke makam Ki Gede Sebayu, Bupati beserta rombongan melanjutkan ziarah ke makam Amangkurat di Desa Pesarean, Kec. Adiwerna dan makam Hanggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru

Ketiga makam tersebut merupakan pahlawan dan pencetus cikal bakal pendiri kota Tegal, yang selama ini setiap satu tahun sekali baik dari kota maupun kabupaten Tegal selalu memberi penghormatan dan dikunjungi oleh Walikota maupun Bupati. 

Bukan Cuma melaksanakan Ziarah saja rombongan Bupati Tegal juga menyerahkan sembako kepada keluarga miskin yang ada dilokasi tempat ziarah secara simbolis.

Tradisi ziarah ini merupakan tradisi baik dengan tujuan nguri-nguri budaya untuk mendo’akan orang yang sudah meninggal.agar seluruh masyarakat ikut mendoakan para pendiri Kabupaten Tegal

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tegal Dra.Hj.Umi Azizah,Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari,S.E.,M.M., Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Aziz, MTR, HANLA,CHRMP,Ketua DPRD Kabupaten Tegal Agus Salim,Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Tegal Dadang Darusman, Kepala Dinas Perdagangan,Koperasi,Pasar dan UKM Suspriyanti, Camat Balapulang Bambang Suliarso, Danramil 17/Balapulang diwakili Pelda M.Marwan, Kapolsek Balapulang AKP Suradi,Camat Adiwerna M.Natsir S,Sos,Danramil 07/Adiwerna Kapten Arm Sinai Sukmono Adi,Kapolsek Adiwerna AKP Syehroni,Camat Dukuhwaru Pambudiono,BA,.Danpos 22/Dukuhwaru Peltu Bundi,Kapolsek Dukuhwaru Iptu Suratman serta para Tokoh Agama di Lokasi Makam.(Ast)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar