Pemdes Cempaka Proaktif lakukan Pencegahan Covid - 19 - RADARDESA

Selasa, 05 Mei 2020

Pemdes Cempaka Proaktif lakukan Pencegahan Covid - 19


Slawi. Radardesa.com - Pemerintahan Desa Cempaka Kec. Bumijawa Kab. Tegal dalam hal pencegahan penyebaran wabah covid-19 patut di acungi jempol. Pasalnya, melalui gugus pencegahan covid-19 yang telah di bentuk oleh pemerintahan desa, selalu aktif dalam melakukan kegiatan pencegahan penyebaran virus corona di wilayah desa Cempaka.

Sejak adanya intruksi dari pemerintah pusat, propinsi maupun kabupaten, terkait kewajiban setiap desa untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan terdampak corona, pemerintahan desa Cempaka telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Hal tersebut di sampaikan Kepala Desa Cempaka, Amron, saat di temui wartawan di ruang kerjanya. Selasa (5/5/2020) siang.

"Melalui tim gugus tugas, telah di bangun dua Posko penjagaan yang berfungsi sebagai pos penjagaan pintu masuk dan pintu keluar desa. Dikarenakan desa Cempaka berada di samping ruas jalan utama yang berbatasan dengan kabupaten Brebes.

Selain pembangunan Posko, satuan gugus covid-19 desa Cempaka yang meliputi Babinsa, Babinkamtibmas, LPMD, Karangtaruna, serta sukarelawan desa, telah rutin melakukan penyemprotan disinfecta pada pemukiman warga. Termasuk pada fasilitas umum serta benda atau barang yang disewakan. Baik itu kendaraan pribadi yang digunakan keseharian oleh masyarakat. Selain itu, sejumlah 3.500 masker telah dibagikan kepada masyarakat.

Sedangkan dalam hal penanggulangan terdampak pemerintahan Desa Cempaka sudah melakukan pendataan menyeluruh. Hampir 90% masyarakat akan menikmati bantuan dari dampak pandemi dari corona, baik bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan di alokasikan dari anggaran Dana Desa (DD). (Siti Aminah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar