Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam, Pemkot Tegal Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan - RADARDESA

Rabu, 11 November 2020

Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam, Pemkot Tegal Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan

 


TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar Apel Kesiapsiagaan Satuan dalam rangka Antisipasi Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2020 bersama TNI Polri di Pantai Alam Indah, Selasa (10/11).

Acara tersebut merupakan wujud kesiapsiagaan seluruh elemen, baik Pemerintah, TNI Polri dan masyarakat, dan upaya antisipasi datangnya musim penghujan tahun 2020-2021.

“Pada hari ini kita melaksanakan apel siaga bencana tingkat kota Tegal. dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen, baik Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat, sebagai langkah antisipasi datangnya musim penghujan tahun 2020-2021. Karena kita perlu mempersiapkan segala hal sebelum terjadi bencana alam di Kota Tegal. Hal ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam penanggulangan bencana di Kota Tegal,” ujar Wali Kota Tegal.

Dedy Yon dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Tegal merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang rentan terjadinya bencana banjir, air pasang dan angin kencang. Memasuki awal bulan November ini merupakan bulan pancaroba, dengan cuaca yang cukup ekstrim.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota menghimbau kepada seluruh elemen terkait di kota Tegal dan unsur TNI, Polri, dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana tersebut.

Ia juga menyampaikan Pemkot Tegal yang telah menyiapkan mobil untuk menyedot air dengan kapasitas 8.000 liter per menit dan mobil tersebut disiapkan untuk menyedot air jika terjadi genangan air di sebuah lokasi yang tidak langsung surut setelah hujan. Rencananya kedepan pihaknya akan melakukan penambahan mobil semacam dengan kapasitas yang lebih besar menjadi 16.000 liter per menit.

Di depan peserta Apel, yang terdiri dari BPBD Kota Tegal, unsur TNI Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan komponen masyarakat, Dedy Yon berharap, agar semua tim siap siaga tanggap bencana. Termasuk juga tim kesehatan. Ia menyinggung kesiapan dapur umum apabila memang dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy Yon juga memberikan apresiasi kepada jajaran tim reaksi cepat tanggap yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, DPU-PR, Disperkim, Dinkes, Dinas Sosial, Dishub, Pemadam Kebakaran, PLN, Camat dan Lurah serta rekan-rekan dari media massa.

“Sebelum mengakhiri sambutan pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran tim reaksi cepat tanggap yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, DPU-PR, Disperkim, Dinkes, Dinas Sosial, Dishub, Pemadam Kebakaran, PLN Camat dan Lurah serta rekan-rekan dari media massa,” ujar Dedy Yon.

Ia berpesan kepada seluruh tim penanggulangan bencana untuk selalu berkoordinasi dalam menangani setiap kejadian-kejadian kebencanaan di Kota Tegal dan meminta seluruhnya agar tetap siap siaga apabila terjadi bencana.

Turut hadir dalam kekiatan tersebut Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, SE, MM, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan P. Siregar, S.I.P, Wakil Walikota Tegal  M. Jumadi, ST, MM, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.IK, MH, Palaksa Lanal Tegal Mayor Laut (P) Kadrawi, SH mewakili Danlanal, Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, MM, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, ST, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Tegal Ali Muchtar, SH, Panitera PN Tegal I Dewa Gede Suardana, SH mewakili Ketua PN dan Kepala BPBD Kota Tegal Andri Yudi Setiawan, S.Sos (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar